Disparbudpora Belum Bisa Pastikan Wisata Buka Agustus

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Angka terkonfirmasi positif covid-19 terus bertambah di Kabupaten Tuban. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, belum bisa memastikan tempat wisata akan buka kembali pada bulan Agustus mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Disparbudpora Kabupaten Tuban, Suwanto mengatakan, beberapa hari yang lalu pihaknya telah melakukan rapat dan monitoring ke berbagai pelaku usaha wisata, obyek wisata, hotel, restoran, spa/beautycare, serta karaoke secara sampling. Dengan hasil sebagian besar pelaku usaha pariwisata sudah menyiapkan peralatan dan prasarana pendukungnya.

"Tinggal penyempurnaan dan penambahan jumlah tempat cuci tangan dan pemasangan banner, himbauan cuci tangan air mengalir pakai sabun, selalu pakai masker dan jaga jarak," ujar Susanto, Rabu (15/7/2020).

Dari hasil monitoring tersebut dan perkembangan jumlah kasus positif covid-19, akan menjadi pertimbangan tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Tuban, untuk menentukan kapan destinasi wisata akan dibuka kembali. 

"Hasil rapatnya nanti, itu hal yang terbaik untuk semuanya," ujarnya.

Ia berharap, kepada tempat wisata yang dikelola desa atau perorangan untuk mematuhi peraturan tersebut, apabila melanggar pihaknya akan berkerja sama dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban. 

"Kami tetap meminta untuk tidak beroperasi dahulu kecuali hotel dan restoran, sampai dengan adanya edaran reopening dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tuban," tandasnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya Disparbudpora telah memastikan tempat wisata di Tuban akan beroperasi kembali pada tanggal 23 Agustus 2020. Namun karena ada penambahan kasus positif covid-19 terus menerus, pihaknya belum bisa memastikannya kembali. [nid/rom]