09:00 . Bom Bunuh Diri Meledak di Polsek Astanaanyar Bandung, Video Tersebar di Media Sosial   |   08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |   06:00 . Cabai Keriting di Tuban Naik Rp2.000, Bawang Merah Rp1.000/Kg   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

New Normal, Disparbudpora Siapakan Protokol Kesehatan untuk Wisata

bloktuban.com | Sunday, 21 June 2020 08:00

New Normal, Disparbudpora Siapakan Protokol Kesehatan untuk Wisata

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Jelang new normal, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban menyiapkan Standar Operasi Prosedur (SOP) bagi tempat wisata.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Disparbudpora Kabupaten Tuban, Suwanto mengatakan, akan ada beberapa hal yang wajib dipatuhi bagi pengunjung, karyawan, pedagang atau pun pengelolaan tempat wisata, saat tempat wisata kembali dibuka.

"SOP sedang ditinjau bupati untuk mendapatkan persetujuan, semua destinasi kita minta untuk mempersiapkan dan memberlakukan SOP nantinya," katanya.

Peraturan tersebut diantaranya bagi pengunjung wajib memakai masker, Wajib mencuci tangan sebelum masuk, wajib membawa handsanitizer dan menjaga jarak dengan pengunjung lain.

"Segera melapor ke petugas apabila melihat atau mengalami gejala sakit," ujarnya.

Sedangkan bagi pedagang, akan tersedia stand khusus bagi pedagang kuliner, tempat jualan tidak gelap dan lembab, memastikan semua produk higienis, menyiapkan tempat cuci tangan dan lapak pedagang diatur 1.5 meter antara pedagang satu dan lainnya.

"Jarak pembeli satu dan lainnya juga di tata, jangan sampai bergerombol," imbuhnya.

Untuk pengelolaan tempat wisata, juga harus menyediakan tempat cuci tangan, menyiapkan petugas untuk mengukur suhu tubuh, menyediakan handsenitazer di berbagai tempat strategis, mengatur jarak pengunjung.

"Menyediakan alat - alat pelindung diri untuk karyawan seperti, masker dan sarung tangan," tuturnya.

Lebih lanjut, pengaturan jam kerja tidak terlalu panjang, memasang tanda jarak di depan loket, kantin dan mushola. Menyediakan ruangan kesehatan, menyediakan ruangan olahraga untuk berjemur karyawan, Menyemprot fasilitas wisata secara berkala dengan disinfektan dan bekerjasama dengan puskesmas atau rumah sakit untuk tempat rujukan.

"Jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal 50 % dari kapasitas tempat wisata," papar.

Disinggung mengenai kapan akan dibuka kembali destinasi wisata Tuban setelah tutup selama 3 bulan terakhir ini, ia menjelaskan, untuk membuka obyek wisata masih menunggu surat edaran dari pusat, provinsi dan persetujuan dari gugus covid-19 Kabupaten Tuban.

"Mohon doanya agar pandemi ini segera teratasi, dan destinasi wisata dapat dibuka kembali,"tandasnya. [nid/rom]

Tag : wisata, new normal, wisata tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat