15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dokter Spesialis Forensik

Cara Manjur Juli Purwaningrum Agar Tak Alami Hal Mistis

bloktuban.com | Friday, 19 June 2020 15:00

Cara Manjur Juli Purwaningrum Agar Tak Alami Hal Mistis

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjadi dokter spesialis Forensik dan Medikolegal di RSUD dr. R. Koesma Tuban pastinya banyak cerita maupun pengalaman yang menarik.

Terlebih, sebagai spesialis forensik dan medikolegal yang harus selalu standby di kamar mayat atau kamar jenazah.

Seperti halnya, dr. Juli Purwaningrum Sp. FM, dokter perempuan spesialis forensik dan medikolegal yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Unit Pemulasaran Jenazah di RSUD dr. R. Koesma Tuban.

Kali ini, dokter jebolan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya itu menceritakan berbagai pengalamanya selama menjadi dokter spesialis forensik dan medikolegal.

Menurutnya, selama menjadi dokter spesialis forensik dan medikolegal, dia merasakan iba saat menangani jenazah korban kecelakaan lalu lintas, yang kondisinya hancur karena terlindas kendaraan ketika hendak berangkat bekerja.

"Pengalaman, saya sangat merasa iba ketika menangani jenazah korban kecelakaan yang terlindas kendaraan. Kemudian saya periksa, kami rekontruksi supaya bagus kembali, selanjutnya kami rawat jenazahnya dan kami serahkan ke keluarganya," terang wanita yang akrab disapa Jupe tersebut.

Lebih lanjut, selama menjadi dokter spesialis forensik dan medikolegal, dia mengaku belum pernah mengalami hal-hal yang mistis usai menangani jenazah seseorang.

"Alhamdulillah tidak pernah mengalami hal mistis. Tapi ada caranya sebelum menangani jenazah, pertama kita harus berdoa kepada Allah, lalu meminta maaf kepada jenazah sebelum menangani jenazah seseorang," tandas Juli Purwaningrum.

Adapun untuk suka dukanya selama menjadi dokter spesialis, dia mengungkapkan, jika menjadi dokter spesialis forensik dan medikolegal agak rileks dibanding lainnya. Sedangkan untuk dukanya ketika ada otopsi kasus ketika malam hari.

"Kisah dukanya ketika saat otopsi kasus pada tengah malam hari dan itu mendadak. Otopsi bukan hanya bedah biasa, tapi saya enjoy karena selalu ditemani suami," imbuhnya.

Selanjutnya, dia menyampaikan kepada masyarakat, bahwa ilmu forensik itu bukanlah semacam ilmu yang masyarakat bilang. Seperti halnya otopsi itu untuk menjual organ, justru ilmu forensik adalah untuk menguak apa penyebab meninggalnya seseorang.

Sebab, ini sangat perlu karena jika dilihat secara kasat mata atau dari luar ini tidak akan bisa, sehingga perlu ilmu forensik. Terlebih saat ini di luar negeri ilmu forensik sudah maju, yakni forensik dengan teknologi.

"Jangan takut jika seandainya ada sesuatu tindak pidana lalu korbannya diotopsi. Kita memeriksa dengan baik lalu kita kembalikan dengan baik dan kita jahit dengan rapi," tutupnya. [hud/rom]

Tag : cerita, dokter, rsud tuban, forensik, dokter forensik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more