Bupati Tuban Minta Masjid di Lingkungan Industri Tak Gelar Salat Jumat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Guna menyikapi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban, Bupati Tuban, H. Fathul Huda memberikan himbauan terkait pelaksanaan salat Jumat. Terdapat beberapa poin penting yang disampaikan Bupati Tuban.

Pertama, Bupati Tuban mengimbau masyarakat yang melaksanakan salat jumat mematuhi SOP Kesehatan. Di antaranya yaitu menjaga jarak shof dan mencuci tangan serta kaki sebelum masuk masjid.

Kedua, khotib diminta untuk memperpendek materi khutbah Jum'at. Ketiga, imam salat Jumat diharapkan membaca surat-surat pendek pada bacaan salat Jumat. Selain itu, juga membaca qunut Nazilah.

"Dengan membaca qunut Nazilah, kita berharap dapat menghindarkan masuknya Covid-19," tuturnya.

Bupati Tuban meminta agar takmir masjid hanya mengaktifkan beberapa pintu masuk utama. Tujuannya, agar dapat memonitor jamaah yang masuk dan mengikuti salat Jumat.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Bumi Wali ini meminta agar masjid yang memiliki potensi kerawanan tidak menyelenggarakan salat Jumat. Adapun masjid yang dimaksud adalah masjid yang berada di lingkungan pabrik dan masjid yang menjadi jujukan pendatang atau perantau yang masuk di kabupaten Tuban dari daerah zona merah. [ali/ito]