20:00 . Mendag: Side Events G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Personel Kodim Tuban Terima Vaksinasi Booster   |   18:00 . Ranting NU Patihan Gelar Perekaman Kartanu   |   17:00 . Hadir di MKNU PCNU Tuban, Begini Pesan Kiai Marzuki untuk Warga NU   |   16:00 . Berikut Tiga Major Project BKKBN untuk Akselerasi Penurunan Stunting 2024   |   14:00 . Ratusan Pekerja Semen Tuban Disuntik Vaksin Booster   |   13:00 . Kasus Omicron Terus Bertambah, Puncak Kenaikan Kasus Diprediksi pada Februari hingga Awal Maret   |   12:00 . Setelah Terbakar Pasar Baru Tuban Berganti Nama   |   11:00 . Dinsos Coret 101 ASN Tuban yang Cairkan Bansos Covid-19 dan Sanksi Pendamping   |   10:00 . Kurang Antusiasme dari Orang Tua, Hanya Sedikit Balita yang Datangi Posyandu   |   09:00 . Berikut Alasan Mengapa Makanan Diet Sehat Cenderung Lebih Mahal   |   08:00 . Pasar Tradisional dan Toko Kelontong Diberi Waktu Sepekan untuk Sesuaikan Harga Minyak Goreng   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   21:00 . Pandemi Covid-19 Terus Berlanjut, Perajin Gerabah Ngadirejo Berpindah Haluan   |   20:30 . Masa Tanam Selesai, Warga Desa Sugiharjo Rayakan Ulang Tahun Ternak Sapi   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bikin Handsanitizer Mandiri dan Optimalkan Kunjungan Online

bloktuban.com | Saturday, 21 March 2020 09:00

Bikin Handsanitizer Mandiri dan Optimalkan Kunjungan Online

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kewaspadaan terhadap wabah Virus Corona (Covid-19) juga dilakukan di lingkungan Lapas Kelas II B Tuban. Untuk menyeterilkan area, petugas lapas di Jalan Veteran ini membuat handsanitizer secara mandiri, Sabtu (21/3/2020).

Cukup mudah untuk membuat handsanitizer. Perlu disiapkan alkohol 70 persen 1 liter dan 200 mililiter Aloevera. Kedua bahan tersebut dicampur di botol dan sudah siap digunakan.

Alasan menggunakan bahan Aloevera untuk menjaga kelembapan. Sedangkan jika hanya memakai alkohol akan cepat kering. Setiap Napi (narapidana) dihimbau untuk sering-sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Dua hari sekali, seluruh kamar warga binaan atau Napi disemprot menggunakan desinfektan. Kasur, bantal dan perlengkapan tidur Napi sebelumnya sudah dikeluarkan ke teras kamar.

"Penyemprotan kita awali dari kamar Napi perempuan dilanjut ke kamar laki-laki," terang Kalapas Kelas II B Tuban, Siswarno kepada reporter blokTuban.com.

Adapun penyemprotan massal dengan bantuan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), masih menunggu antrean kawasan prioritas. Penyemprotan ini menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan Angkatan 36, juga mengoptimalkan kunjungan online bagi keluarga Napi mulai hari ini. Karena jam besuk napi ditiadakan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini.

Ada empat layar monitor PC yang disambungkan ke aplikasi WhatsApp. Setiap Napi mendapat waktu menelepon keluarganya. Mereka nampak gembira bisa langsung berbincang melalui layar monitor.

"Waktu lama kunjungan online ini 5 menit," imbuh pria asal Semanding tersebut.

Lapas yang huniannya sudah overload itu, telah menerapkan berbagai teknologi untuk memudahkan pelayanan. Data base Napi telah tersistem dan pengunjung bisa memberi saran dan masukan untuk perbaikan Lapas.

Per 17 Maret 2020, Lapas Tuban dihuni 352 Napi melebihi kapasitas 226 orang. Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto dalam kunjungan kerja juga mengusulkan adanya relokasi Lapas Tuban. [ali/rom]

Tag : corona, virus, covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more