20:00 . Mendag: Side Events G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Personel Kodim Tuban Terima Vaksinasi Booster   |   18:00 . Ranting NU Patihan Gelar Perekaman Kartanu   |   17:00 . Hadir di MKNU PCNU Tuban, Begini Pesan Kiai Marzuki untuk Warga NU   |   16:00 . Berikut Tiga Major Project BKKBN untuk Akselerasi Penurunan Stunting 2024   |   14:00 . Ratusan Pekerja Semen Tuban Disuntik Vaksin Booster   |   13:00 . Kasus Omicron Terus Bertambah, Puncak Kenaikan Kasus Diprediksi pada Februari hingga Awal Maret   |   12:00 . Setelah Terbakar Pasar Baru Tuban Berganti Nama   |   11:00 . Dinsos Coret 101 ASN Tuban yang Cairkan Bansos Covid-19 dan Sanksi Pendamping   |   10:00 . Kurang Antusiasme dari Orang Tua, Hanya Sedikit Balita yang Datangi Posyandu   |   09:00 . Berikut Alasan Mengapa Makanan Diet Sehat Cenderung Lebih Mahal   |   08:00 . Pasar Tradisional dan Toko Kelontong Diberi Waktu Sepekan untuk Sesuaikan Harga Minyak Goreng   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   21:00 . Pandemi Covid-19 Terus Berlanjut, Perajin Gerabah Ngadirejo Berpindah Haluan   |   20:30 . Masa Tanam Selesai, Warga Desa Sugiharjo Rayakan Ulang Tahun Ternak Sapi   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Setiajit Kembangkan Koperasi di Tuban

bloktuban.com | Tuesday, 11 February 2020 08:00

Setiajit Kembangkan Koperasi di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur Setiajit getol membantun koperasi. Sebab, koperasi adalah adalah salah satu soko guru perekonomian masyarakat.

 

Karena itu, koperasi yang ada di kalangan masyarakat bisa membantu mengangkat perekonomian masyarakat. Dengan modal dari masyarakat dan dikelola sendiri oleh masyarakat, hasil dan manfaatnya akan sangat terasa dan bisa dinikmati masyarakat.

 

Bukan hanya mendirikan, karena Setiajit juga sekaligus memberikan bantuan modal awal untuk koperasi.  Hal itu sudah dilakukan Setiajit di beberapa tempat. Di antaranya adalah mendirikan koperasi perempuan di Desa Montong Sekar. Saat itu, pertemuan digelar di kompleks wisata Sendang Kalangan.

 

‘’Saya bantu modal awal Rp 5 juta untuk koperasi ibu-ibu,‘’ ujar Setiajit.

 

Koperasi perempuan lain yang juga didirikan lagi di Desa Talangkembar. Semula, sekitar seratusan ibu-ibu yang berkumpul ditanya apakah sudah punya koperasi belum. Para ibu menjawab serempak jika belum punya koperasi.

 

Maka, saat itu pula dilakukan pemilihan pengurus. Ketua, sekretaris dan bendahara koperasi yang diberi nama Koperasi Perempuan Montong Sekar itu dipilih. Pengurus inti koperasi dibentuk agar dana bantuan Rp 5 juta yang diberikan Setiajit bisa dikelola.

 

‘’Modal awal Rp 5 juta itu pancingan. Karena kalau koperasi ka nada simpanan pokok atau wajib anggota. Saya ingin koperasi berkembang dan maju,’’ kata pejabat asal Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak tersebut.

 

Jika koperasinya sudah ada, seperti yang ada di Dukuh Sepat Rojo, Desa Kedungrojo, Kecamatan Plumpang, maka Setiajit terus mendorong agar koperasi lebih maju. Setiajit juta membantu tambahan modal Rp 5 juta.

 

‘’Intinya adalah, pemberdayaan ekonomi melalui warga harus terus dikembangkan. Saya melihat koperasi ini penting untuk dikembangkan. Ibu-ibu bisa mengelola koperasi, sedangkan bapaknya bisa konsentrasi pada kegiatan perekonomian lainnya,’’ tandas pria yang pernah menjadi Plt Bupati Jombang ini.[hud/ono]

 

Tag : ekonomi, koperasi, setiajit, esdmjati, bupatituban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more