Seperti Biasa, Harga Telur, Cabai dan Bawang Merah Naik Jelang Tahun Baru

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang perayaan Natal dan Pergantian Tahun, sejumlah harga bahan pokok di Pasar Baru Kabupaten Tuban mulai merangkak naik, Selasa (10/12/2019). Kenaikan sejumlah bahan pangan, seperti siklus yang terus berulang menjelang libur panjang dan tahun baru.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, harga bahan pokok yang merangkak naik tersebut diantaranya adalah telur, cabai rawit, bawang merah dan tomat. Merangkaknya harga bahan pokok itu terjadi sekitar satu minggu lalu.

"Sekitar satu minggu ini beberapa harga bahan mulai naik," terang salah satu pedagang di Pasar Baru Tuban, Rumiyatun kepada blokTuban.com.

Menurutnya, harga telur yang biasanya Rp20-22 ribu sekarang naik menjadi Rp24 ribu perkilogram, cabai rawit merah yang sebelumnya harganya Rp25 ribu sekarang menjadi Rp30 ribu perkilogram, kemudian cabai kriting merah yang harga sebelumnya Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu perkilogram.

Selanjutnya harga bawang merah besar sebelumnya hanya kisaran Rp20 ribu sekarang menjadi Rp30 ribu perkilogram dan harga tomat biasanya hanya Rp5-6 ribu sekarang menjadi Rp10 ribu perkilogram.

"Kenaikan sejumlah harga bahan pokok itu mungkin dipengaruhi karena stok," tandasnya.

Sementara itu, pedagang lain Deka juga mengungkapkan, harga sejumlah bahan pokok sejak satu minggu ini memang merangkak naik. Seperti halnya harga cabai rawit, bawang merah dan telur.

"Harga telur sekarang naik menjadi Rp24 ribu perkilogram. Begitu juga cabai dan bawang merah," kata Deka.[hud/dy]