19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

PKM Unirow Kenalkan Alat Asap Ikan Ramah Lingkungan ke Poklahsar

bloktuban.com | Monday, 23 September 2019 12:30

PKM Unirow Kenalkan Alat Asap Ikan Ramah Lingkungan ke Poklahsar

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Ikan Asap di Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, yang dipimpin Dwi Rusmiyati, berpotensi dikembangkan dari segi produksi dan manajemen usahanya.

Selasa, 6 Agustus 2019 kemarin, sekitar 15 peserta telah mengikuti Kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Pengenalan dan Pelatihan Produksi Ikan Asap dengan Alat Pengasapan Efhilik (Efektif, higiens dan ramah lingkungan). Acara digelar di ruang Laboratorium Teknik Industri Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban dan diunggah chanel Youtube. (Klik untuk melihat video).

"Kelompok Poklahsar ikan asap diberikan pengenalan pelatihan produksi ikan asap dengan alat pengasapan Efhilik agar dapat mengetahui manfaat alat tersebut. Tujuannya agar tidak menimbulkan polusi udara dan mendapatkan asap cair yang dapat digunakan sebagai bahan penganti formalin," ucap Ketua Pengabdian Masyarakat, Marita Ika Joesidawati.

Marita menambahkan, Pelatihan Produksi Ikan Asap dengan Alat Pengasapan Efhilik muncul karena pihaknya ingin menerapkan pengasapan yang Efektif, higiens dan ramah lingkungan.

Rangkaian pengabdian dalam satu tahun kedepan, akan menghasilkan produk alat asap ikan Efhilink untuk pengasapan yang efektif, higiens dan ramah lingkungan. Juga akan dilakukan worksop pengenalan alat, dan ditutup dengan pelatihan dan pendampingan dalam teknik menajemen usaha ikan asap.

Suwarsih dan Henny Sri Astuty, anggota Pengabdian Masyarakat di program ini menambahkan, pelatihan produksi ikan asap dengan alat pengasapan Efhilik yang lebih ramah lingkungan ini dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban melibatkan Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Ikan Asap dari Kelurahan Karangsari yang didanai oleh Hibah PKM Kemenristek Dikti Pada Tahun 2019.

Salah satu peserta pelatihan ini, Dwi Rusmiati merasa sangat senang. Karena bisa mengikuti Pelatihan Produksi Ikan Asap dengan Alat Pengasapan Efhilik. "Karena lebih bermanfaat dan lebih ramah lingkungan," jelas Dwi Rusmiati.

Mereka menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemenristek Dikti atas pendanaan Hibah DRPM Melalui Program Kemitraan Msyarakat (PKM) Tahun 2019. [inf/dy]

 

Tag : ikan asap, tuban, unirow, pkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat