Sebelum Kilang Tuban Berdiri, Pertamina Siapkan 21 SDM Handal

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Camat Jenu, Moh. Riza Maftuchin mewakili Bupati Tuban melepas 21 siswa penerima beasiswa program diploma III PEM Akamigas Cepu, di Hotel Fave Jalan Basuki Rahmat Tuban yang disponsori Pertamina.

Turut hadir dalam pelepasan tersebut perwakilan GRR Tuban, Azwar Sahidin selaku Manajer Human Capital Partner Pertamina, Camat Jenu, Kapolsek Jenu, Dinas PM PTSP dan Naker, orang tua penerima beasiswa dari lima desa Kecamatan Jenu.

Perwakilan Proyek GRR Tuban, Heriyawan mengatakan, program beasiswa merupakan inisiatif dari Pertamina karena di Tuban akan dibangun Kilang kerjasama Pertamina dan Rosneft. Pertamina saat ini sedang memberi perhatian dan kepedulian lebih awal.

"Ini pertama kali dilakukan Pertamina. Proyek belum ada, tapi SDM sudah mulai disiapkan," Kata Heri dalam sambutannya, Jumat (26/7/2019).

Heri menegaskan, biasanya Pertamina memberi pelatihan saja, tapi saat ini perusahaan plat merah memastikan yang dilatih kelak bisa bekerja di proyek.

Prioritas angkatan ini untuk siswa di desa terdampak mencakup Wadung Sumurgeneng, Kaliuntu, Mentoso, dan Rawasan. Pemberian beasisswa ini berdasarkan musyawarah.

"Terimakasih kepada Camat dan Kades karena telah menyuport kegiatan ini," terangnya.

Salah satu penerima beasiawa Pertamina, Putri Irma Melisa mengucap terimakasih kepada Pertamina karena telah membiayai beasiswa. Tak lupa kepada Pemdes karena tak lelah membimbing. Terakhir kepada orang tua karena memberi doa dan dukungan sampai lulus.

"Kami bangga atas program beasiswa. Semoga jadi langkah awal mencapai cita-cita," imbuhnya.

Hari ini selangkah awal sukses harus diawali debgan semangat, kiat, dan keyakinan. Mewakili calon mahasiswa baru PEM Akamigas, kami bangga menjadi bagian awal SDM proyek Kilang Tuban.

Adapun data penerima beasiswa yaitu 10 siswa dari Wadung, 7 Sumurgeneng, 1 Rawasan, 1 Mentoso, dan 2 Kaliuntu. Selama kuliah tiga tahun, Pertamina menggelontorkan dana kurang lebih Rp2,8 Miliar. [ali/rom]