Beasiswa GOTA Sasar 333 Siswa Yatim Piatu Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban, melaksanakan program pembagian beasiswa Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) kepada 333 siswa SD, SMP dan SMA di sekitar pabrik dengan nilai total Rp336 juta.

Pembagian beasiswa pada semester I tahun ini, dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Safari Ramadhan Direksi Semen Indonesia Group selaku induk perusahaan di Tuban.

GOTA merupakan Program Gerakan Orang tua Asuh SBI, yang memfasilitasi para karyawan yang ingin menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk membantu minimal satu anak asuh dari sekitar pabrik.

Sejumlah 333 siswa yatim/piatu/dari keluarga tidak mampu yang sedang menempuh pendidikan selevel SD, SLTP dan SLTA berasal dari tujuh desa di sekitar pabrik (wilayah Ring 1- Glondonggede, Sawir, Karangasem, Merkawang, Kedungrejo, Mliwang) dan Desa Socorejo. Penyaluran beasiswa ini dikelola oleh Pusat Kegiatan Masyarakat yang merupakan Community Based Organization binaan SBI.

Menurut data survey sosial Ekonomi Nasional, pada tahun 2015, terdapat 5,3 juta anak usia 7-18 tahun yang tidak sekolah. Angka ini menurun menjadi 4,7 juta anak di tahun 2016.

Program GOTA diharapkan bisa membantu meningkatkan jumlah anak sekolah di Kabupaten Tuban. Program GOTA pertama bergulir tahun 2012 dan sudah melibatkan karyawan sebagai orang tua asuh. Saat ini jumlah karyawan yang menjadi orang tua asuh tercatat lebih dari 200 orang.

Pendistribusian beasiswa pendidikan disalurkan setiap 6 bulan sekali. Pembagian pada semester pertama biasanya disesuaikan dengan jadwal di Bulan Ramadan, bersamaan dengan pelaksanaan program rutin Ramadan lainnya, yaitu pembagian 3400 paket sembako bagi keluarga kurang mampu, dan sesi motivasi serta buka bersama Ustadz dan Ustadzah dari desa sekitar pabrik yang ikut andil dalam peningkatan kualitas pendidikan masyarakat di sekitar Pabrik Tuban, melalui inisiasi pendidikan non formal (TPA/TPQ) di mushola-mushola secara sukarela.

GA & Community Relations Manager SBI Pabrik Tuban, Trayudi Darma menyatakan, GOTA merupakan wujud kepedulian karyawan SBI dalam bidang pendidikan, bagi anak-anak di sekitar Pabrik Tuban.

"Kami ingin membantu meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di sekitar pabrik, agar mereka dapat mengenyam pendidikan yang cukup dan memiliki daya saing untuk mewujudkan cita citanya di masa depan," tutupnya. [ali/rom]