Kemenag Catat 431 Pengantin Ijab Qobul di Malam Songo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban mencatat sebanyak 431 pasangan pengantin dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban akan menggelar ijab qobul pada malam songo.

Data tersebut diperoleh oleh Kantor Kemenag Tuban dari 20 kecamatan per tanggal 23 Mei 2019. Yang dimungkinkan masih akan terus bertambah hingga hari terakhir pendaftaran.

Kasi Bimbingan Masyarakat (Binmas) Kantor Kementrian Agama Tuban, M. Qosim mengatakan, hingga 23 Mei kemarin pendaftaran nikah malem songo di masing-masing KUA membludak. Bahkan sudah tercatat ratusan pasangan pengantin.

"Calon pengantin yang akan melaksanakan ijab qobul pada malem songo sudah tercatat sebanyak 431 pasangan," terang Qosim saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Dia menyebutkan, alasan  masyarakat di Kabupaten Tuban banyak yang melakukan akad pernikahan di malem songo, lantaran diyakini tanpa hitungan sebagaimana mestinya malam tersebut sudah dinyatakan bagus dan banyak berkah.

"Masyarakat meyakini malam songo adalah hari yang baik," pungkas Qosim.

Sementara itu, jumlah pasangan pengantin tersebut diperkirakan akan masih terus bertambah. Melihat pernikahan di malem songo terakhir hingga 29 Mei.[hud/col]