Dukung Kemajuan UMKM, Pertamina Bantu Permodalan Usaha

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.om – Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina terus menggulirkan Program Kemitraan (PK) untuk memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah operasi agar makin produktif dan dapat bersaing di pasar nasional bahkan internasional.

Seperti yang dilakukan Pertamina Region Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, pada Senin (15/4/2019). Pertamina melakukan sosialisasi dan penandatanganan Surat Perjanjian Peminjaman Uang (SPPU) kepada calon mitra binaan. Bertempat di Kantor Pertamina Jagir, acara ini dihadiri oleh Unit Manager Communication & CSR MOR V, Rustam Aji serta 14 calon mitra binaan Pertamina.

Dalam sambutannya, Rustam menyampaikan, program kemitraan ini merupakan salah satu upaya Pertamina untuk membantu masyarakat dalam permodalan usahanya."Selain menjalankan usaha di bisnis minyak dan gas, Pertamina juga berkomitmen untuk memajukan masyarakat di sekitar area operasinya", ujar Rustam.

Rustam juga menyampaikan bahwa Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sangat mendukung upaya memajukan UMKM, termasuk di Jawa Timur.

“Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pertamina MOR V tercatat telah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 140,8 miliar pada tahun 2016 hingga 2018, kepada UMKM di Jawa Timur,” jelas Rustam.

Pada kesempatan hari  ini, Pertamina menyalurkan Rp1.4M untuk 14 Mitra Binaan tersebut. Diharapkan ke depannya, para pelaku usaha ini dapat mengembangkan usahanya dan memasarkan produk lebih luas lagi

Para pelaku usaha yang hadir terlihat begitu antusias dengan program kemitraan ini. Salah satunya adalah Titin Iswati calon mitra binaan disektor perdagangan, wanita yang berasal dari Batu tersebut mengaku sangat antusias dalam mengikuti program kemitraan yang ditawarkan oleh Pertamina.

"Selain untuk permodalan usaha, saya juga berharap dengan mengikuti program kemitraan ini usaha saya dapat lebih berkembang dan menambah wawasan untuk memasarkan produk bukan hanya di daerah saya, tetapi lebih luas lagi ke luar kota", ujar Titin.

Program Kemitraan sendiri menawarkan pinjaman dengan bunga 3% per tahun saldo menurun dan pinjaman hingga 200 Juta Rupiah. Selain pinjaman modal, Pertamina juga melakukan pengembangan dan pembinaan pada UMKM. Di antaranya melalui pelatihan pemasaran untuk meningkatkan kualitas produk UMKM agar dapat bersaing di pasaran. Selain itu, Pertamina juga mengikutsertakan mitra binaan unggulan pada pameran tingkat regional, nasional, maupun internasional. [ono/lis]