KONI Jatim: Jadikan Porkab Penjaringan Bibit Atlet

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) V Tuban Sabtu (3/11/2018) kemarin telah resmi dibuka. Acara yang di ikuti oleh ribuan atlet, official, beserta pelaku olahraga di Bumi Wali Tuban tersebut juga dihadiri oleh  Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Timur.

Wakil Ketua KONI Provinsi Jawa Timur (Jatim), Sucipto saat pra pembukaan event 2 tahunan itu berkata, Porkab V merupakan salah satu proses penjaringan bibit-bibit atlet potensial lokal Kabupaten Tuban. Dalam hal ini, para pelatih serta pemerhati olahraga akan mampu memilih dan memilah potensi muda.

"Juga dalam persiapan Porprov 2019 mendatang, Porkab Tuban kiranya juga sebagai sport science dan memberi dampak besar dalam perkembangan olahraga," ujar Sucipto.

Lebih lanjut, Wakil Ketua KONI Jatim menilai jika olahraga lah yang paling tepat untuk perkembangan usia remaha. Sebab, olahraga dapan menghalau godaan negatif dari luar serta pengaruh dampak media global.

Dengan olahraga, kesehatan, kebugaran dan prestasi bisa diraih, dan menghindari dari sentuhan bahaya narkoba. Tujuan penting lain, khususnya menjaring atlet berprestasi. Bentuk kegitan semacam ini merupakan hal positif sesua Undang-Undang yang ada.

"Sesuai tujuan olahraga Nasional, yakni mengangkat harkat, martabat, dan kehormatan bangsa," jelasnya lagi.

Tentu, keadaan demikian harus melalui berbagai tahap. Mulai dari pendidikan dari kabupaten atau kota, karena disitulah proses penjaringan atlet remaja berprestasi. Lepas itu, jika sudah pada level sepanjutnya, yakni mewakili tingkat Provinsi, kejuaraan nanti akan terus melalui progress sehingga menjadi atlet tingkat Nasional yang bisa dibawa pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Harkat martabat bangsa jika di kancah Nasional dan lebih, sedangkan kehormatan tersendiri jika suksea memvawa nama Provinsi, apalagi membawa nama masyarakat Tuban. Inilah yang jadi tuntutan untuk tampil lebih baik, Tuban semakin maju, semakin berjaya," serunya. [feb/col]