Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Tidak semua kecamatan menurunkan atlet di seluruh cabang olahraga (cabor) dalam perhelatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) 2018. Buktinya, di cabor voli pantai yang mulai dipertandingkan Jumat (26/20/2018) pagi lalu, 4 kecamatan absen. Ke-4 kecamatan itu adalah Kecamatan Kota, Widang, Singgahan dan Parengan.

‘’Sampai batas akhir pendaftaran peserta, 4 kecamatan ini tidak mendaftarkan atletnya,’’ ujar Ketua Porkab V 2018 Ratna Juwita Sari didampingi Ketua Umum KONI Tuban Mirza Ali Manshur di lapangan volui pantai Tanah Mas, Jenu, Tuban.

Dia mengatakan, tidak tahu alasan pasti kenapa 4 kecamatan itu absen di voli pantai. Sebab, sepengetahuan dia, untuk Kecamatan Kota misalnya, ada atlet yang sudah latihan. Namun, ikut atau tidak di cabor, sepenuhnya ada di tangan kecamatan.

‘’Barangkali kecamatan menghitung peluang. Ketika tahu tidak punya peluang di voli pantai memutuskan tidak menurunkan atlet,’’ tambahnya.

Ratna menjelaskan, pertandingan voli pantai dilaksanakan sampai Senin (29/10/2018) besok. Voli pantai diikuti 25 tim putra dan 16 tim putrid dari 16 kecamatan. KONI, kata dia, sebenarnya berharap semua kecamatan ikut ambil bagian dalam Porkab ini, termasuk pada voli pantai.

‘’Karena harapannya banyak muncul atlet-atlet baru yang bisa dibina untuk lebih meningkat prestasinya,’’ katanya.

Sementara Ketua Harian Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) AKP Iwan Hari Purwanto mengatakan, perkembangan voli pantai di Tuban cukup baik. Apalagi saat ini punya lapangan voli pantai dengan standar internasional. Sehingga diharapkan prestasinya terus maju.

‘’Harapan kami lahir atlet-atlet yang berprestasi bukan hanya nasional, tapi sampai internasional,’’ katanya.[ono]