Tunggu Rekapitulasi KPU, Panwaslu Klaim Belum Ada Kecurangan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Penghitungan berjenjang pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2018 di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Kabupaten Tuban telah selesai Jum'at (29/6/2018) kemarin. Kendati begitu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban menyatakan, hingga saat ini tidak ada laporan kecurangan yang diterimanya.

"Sampai saat ini masih aman, tidak kami temukan kecurangan," kata ketua Panwaslu Tuban, Masrukhin, Sabtu (30/6/2018).

Selama proses pencoblosan dan penghitungan suara di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga tingkatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pihaknya mengaku jajaran pengawas telah melakukan pengawasan secara ketat. Sehingga kecurangan yang dapat menciderai demokrasi lima tahunan ini dapat diminimalisir.

"Teman-teman pengawas kemarin baru saja selesai pada tahapan rekap perolehan suara di tingkat kecamatan. Saat ini kami menunggu kesiapan KPU untuk melakukan rekap perolehan suara di tingkat kabupaten," imbuh Masrukhin.

Pihak Panwaslu Tuban juga berterimakasih kepada masyarakat di Bumi Wali yang andil dalam pengawasan. Sehingga, pihaknya bisa mengambil sikap secara cepat ketika ada dugaan kecurangan dalam Pilgub kemarin.

"Ucapan terima kasih kepada masyarakat luas yang telah banyak membantu kami untuk melakukan pengawasan, dengan memberikan informasi atau laporan adanya dugaan pelanggaran. Sehingga kami dapat melakukan upaya pencegahan atau tindakan terhadap pelanggaran tersebut," pungkasnya menandaskan. [rof/rom]