Kemenangan Khofifah dan Tiga Kali Kekalahan Gus Ipul di Tuban

Oleh: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Berdasarkan data rekapan sementara, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak (Khofifah-Emil) ungguli pasangan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) di Tuban. Data tersebut diolah dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun blokTuban.com, terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) Rabu malam (27/6/2018).

Di Pilgub Jatim 2018 ini, Khofifah-Emil unggul di 18 kecamatan. Sedangkan Gus Ipul-Puti hanya menang di dua kecamatan, yaitu Montong dan Jatirogo. Jumlah kecamatan di Tuban ada 20.

Meski kemenangan Khofifah-Emil masih sementara hingga ada keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun data yang berhasil dihimpun blokTuban.com ini menegaskan jika Khofifah belum pernah dikalahkan oleh Gus Ipul di Kabupaten Tuban. Apapun itu kendaraanya, ketokohan Khofifah ternyata mampu mengalahkan mantan Wakil Gubernur Jatim dua periode ini.

Di Pilgub Jatim 2008 misalnya, berdasarkan data KPU Tuban, Khofifah yang duet dengan Mudjiono pada putaran pertama berhasil meraih suara 117.968 suara atau 23 persen. Sedangkan Gus Ipul yang waktu itu mendampingi Soekarwo (Pakde Karwo) hanya mampu meraih 92.133 suara atau hanya 18,26 persen.

Khofifah di saat itu diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan dan didukung beberapa partai kecil lainnya. Sedangkan Pakde Karwo dan Gus Ipul diusung oleh partai Demokrat.

Pada Pilgub 2008, mereka berdua harus bertarung dua putaran, karena suara belum mencapai 30 persen.

Lagi-lagi Gus Ipul yang waktu itu menang di Jatim, tetap saja gagal mengalahkan Khofifah di Tuban dengan selisih 59.291 suara. Sebab, Khofifah berhasil mengantongi 242.213 suara (56,97 persen), sedangkan Gus Ipul 182.922 suara (43,03 persen).

Di Pilgub Jatim 2013, Khofifah berpasangan dengan Herman S, yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di tingkat Jatim, kader NU perempuan ini keok melawan Gus Ipul yang kembali mendampingi Pakde Karwo. Kendati begitu di Bumi Wali, sebutan kota Tuban, Gus Ipul keok melawan Khofifah.

Data yang berhasil dihimpun dari KPU Tuban, di tahun 2013 Khofifah berhasil mengalahkan tiga lawannya termasuk Gus Ipul dengan perolehan 203.515 suara (43,15 persen). Sedangkan Gus Ipul berada diurutan kedua dengan hasil 195.549 suara (41,46 persen).

Dari data diatas cukup bukti jika Khofifah tetap jadi idola pemilih di Tuban. Semoga, calon Gubernur yang juga kader Nahdliyin (warga NU) ininamanah membawa Jatim lebih berkah, maju, dan berkualitas. [rof/ito]