23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kunjungan Presiden Jokowi ke Tuban

Ternyata Begini Sejarah Tumpangsari

bloktuban.com | Friday, 09 March 2018 10:00

Ternyata Begini Sejarah Tumpangsari

Reporter: Sri Wiyono


blokTuban.com - Penanaman pohon hutan dengan sistem tumpangsari seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Tuban ternyata sudah berlangsung sangat lama.


Menanam dengan sistem tersebut dimulai pertamakali pada abad ke-19 pada jaman Hindia Belanda pada tahun 1883. Sistem ini kali pertama dikukan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah oleh Mollier atas perintah Gubernur Semarang pada waktu itu.


Menurut Ir. Agus Santoso,MM Administratur (ADM) Perhutani KPH Tuban, pemikiran tentang konsep tumpangsari itu berawal dari adanya pemikiran Gubernur Jenderal Daendels. Bahwa pada tahun 1850 diketahui di Pulai jawa sudah kelebihan penduduk dan kepemilikan lahan masyarakat penduduk Pulau Jawa sangat kecil.


Maka dibangun sistem pengelolaan hutan yang lestari agar dapat mengakomodasi penduduk bisa bertani. Pembangunan sistem pengelolaan hutan yang ilmiah dan lestari dimulai dan dipimpin oleh Aej Brunsma.


Karena berhasil, maka kemudian berkembang ke hutan-hutan di wilayah lain. Tumpangsari memanfaatkan lahan hutan untuk menanam tanaman pangan atau tanaman obat-obatan.


Presiden Jokowi melakukan tutup tanam di hutan milik Perhutani KPH Tuban. Lokasinya di Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupten Tuban. Lahan hutan di desa ini seluas 437,9 hektar.


Lahan seluas 77,25 hektar pada bulan November 2017 semua dilaksanakan tumpangsari jagung. Dan akhir Februari serta awal Maret panen jagung, dan berhasil untuk lahan seluas 77,25 hektar. Kisaran hasil panen antara 4 - 6 ton per hektar dengan rata-rata 4,5 ton per hektar.


Pengelolaan bersama LMDH Ngimbang Makmur seluas 77,25 hektar dengan jumlah anggota sebanyak 147 orang. Kerjasama itu merupakan kerjasama pengeloaan hutan kolaratif dengan berbagi peran dan tanggungjawab secara partisiptif.


Kegiatan dimulai perencanaan, persemaian, pembuatan tanaman, pemeliharaan, pemanenan hutan dan kerjasana lain dalam pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif desa.[ono]

 

 



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat