08:00 . Pesan Hoax Ledakan Corona Menyebar hingga Tingkat RT   |   07:00 . Menjaga Kesehatan di Hari Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19   |   14:00 . Tak Segera Diperbaiki, Jembatan Glendeng Kini Malah Ditutup Total   |   13:00 . Dampak Penyekatan di Tuban, Kasus Harian Corona di Bawah 15   |   12:00 . Walah..!!! Gegara Ini Akses Jembatan Darurat Glendeng Ditutup   |   11:00 . Boleh Silaturahim Tatap Muka, Tapi Tetap Pakai Masker   |   09:00 . Hampir Setahun Diterlantarkan, Kini Jembatan Glendeng Jadi Biang Kemacetan   |   07:00 . Kenalkan Pola Makan Sehat Pada Anak, Apa yang Perlu Diperhatikan?   |   17:00 . Kemenkumham Beri Remisi Khusus 168 Napi di Tuban   |   16:00 . Lebaran, Kawasan Obvitnas di Tuban Dijaga Ketat   |   15:00 . Masa Pandemi, 935 Warga Tuban Daftar Haji   |   13:00 . Jika Pembelajaran Tatap Muka Diberlakukan, Perpusda Harap Bisa Layani Baca Buku di Tempat   |   11:00 . Tunggu Keputusan Pusat, 1.296 Calon Haji Tuban Siap Berangkat Tahun Ini   |   09:00 . Dampak Pandemi, Perpusda Tuban Tak Layani Baca Buku di Tempat   |   07:00 . Jangan Asal Beli Tisu Basah Bayi, Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan!   |  
Sat, 15 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kunjungan Presiden Jokowi ke Tuban

Ternyata Begini Sejarah Tumpangsari

bloktuban.com | Friday, 09 March 2018 10:00

Ternyata Begini Sejarah Tumpangsari

Reporter: Sri Wiyono


blokTuban.com - Penanaman pohon hutan dengan sistem tumpangsari seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Tuban ternyata sudah berlangsung sangat lama.


Menanam dengan sistem tersebut dimulai pertamakali pada abad ke-19 pada jaman Hindia Belanda pada tahun 1883. Sistem ini kali pertama dikukan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah oleh Mollier atas perintah Gubernur Semarang pada waktu itu.


Menurut Ir. Agus Santoso,MM Administratur (ADM) Perhutani KPH Tuban, pemikiran tentang konsep tumpangsari itu berawal dari adanya pemikiran Gubernur Jenderal Daendels. Bahwa pada tahun 1850 diketahui di Pulai jawa sudah kelebihan penduduk dan kepemilikan lahan masyarakat penduduk Pulau Jawa sangat kecil.


Maka dibangun sistem pengelolaan hutan yang lestari agar dapat mengakomodasi penduduk bisa bertani. Pembangunan sistem pengelolaan hutan yang ilmiah dan lestari dimulai dan dipimpin oleh Aej Brunsma.


Karena berhasil, maka kemudian berkembang ke hutan-hutan di wilayah lain. Tumpangsari memanfaatkan lahan hutan untuk menanam tanaman pangan atau tanaman obat-obatan.


Presiden Jokowi melakukan tutup tanam di hutan milik Perhutani KPH Tuban. Lokasinya di Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupten Tuban. Lahan hutan di desa ini seluas 437,9 hektar.


Lahan seluas 77,25 hektar pada bulan November 2017 semua dilaksanakan tumpangsari jagung. Dan akhir Februari serta awal Maret panen jagung, dan berhasil untuk lahan seluas 77,25 hektar. Kisaran hasil panen antara 4 - 6 ton per hektar dengan rata-rata 4,5 ton per hektar.


Pengelolaan bersama LMDH Ngimbang Makmur seluas 77,25 hektar dengan jumlah anggota sebanyak 147 orang. Kerjasama itu merupakan kerjasama pengeloaan hutan kolaratif dengan berbagi peran dan tanggungjawab secara partisiptif.


Kegiatan dimulai perencanaan, persemaian, pembuatan tanaman, pemeliharaan, pemanenan hutan dan kerjasana lain dalam pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif desa.[ono]

 

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more