09:00 . STNK Rusak atau Hilang, Siapkan 6 Syarat Ini Sebelum Mengurusnya di Samsat Tuban   |   08:00 . Ini Rangkaian Bengawan Jazz Festival 2022 di Lamongan, Dimeriahkan Musisi Asal Bandung dan Lokal   |   07:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 10 Agustus 2022: Pagi Sebagian Berawan, Siang sampai Malam Hujan Ringan   |   06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mau Sehat Hingga Hari Tua? Yuk, Adopsi Kebiasaan Baik Ini!

bloktuban.com | Friday, 01 December 2017 07:00

Mau Sehat Hingga Hari Tua? Yuk, Adopsi Kebiasaan Baik Ini!

Reporter: -

blokTuban.com - Setiap orang pastinya punya keinginan untuk panjang umur, tetap sehat dan aktif sampai hari tua. Berkeluarga, hingga dapat melihat pertumbuhan anak cucu adalah momen berharga bagi kebanyakan orang.

Keinginan tersebut sangat mungkin untuk diwujudkan oleh siapa saja, meskipun kehidupan masyarakat modern masa kini penuh dengan beragam tantangan kesehatan seperti polusi, kehidupan yang sibuk, serba cepat, dan instan.

Meski saat ini kamu masih berada di usia produktif dan bisa melakukan apa saja yang diinginkan, kamu sebaiknya mulai berpikir jauh ke depan. Tingkatkan kepedulian akan kesehatan tubuh saat ini hingga masa tua nanti dengan mengadopsi kebiasaan-kebiasaan positif berikut.

1. Rutin berolahraga

Miliki kehidupan yang aktif dengan membiasakan diri berolahraga setiap hari. Olahraga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh, menekan stres, dan tentunya memperbaiki metabolisme tubuh. Sediakan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga yang sulit, mulai dulu dari yang sederhana seperti jalan cepat atau lari pagi.

2. Menjaga asupan makanan

Mengubah kebiasaan makan dengan mengurangi konsumsi makanan instan, olahan, makanan manis, asin, dan berlemak sangat berpengaruh terhadap kesehatan kini dan di hari tua nanti. Kamu akan terhindar dari risiko obesitas, sakit jantung, dan diabetes.

Perbanyak konsumsi sayur, buah, dan ikan untuk mencukupi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral. Jaga juga porsi makan ideal. Saat akhir pekan tiba, jangan menghibur diri dengan terlalu banyak makan (over eating).

3. Menjaga pola tidur

Selain makanan, menjaga pola tidur yang sehat sejak muda juga sangat diperlukan. Kurangi kebiasaan bergadang dan nongkrong bersama teman dari malam sampai pagi. Usahakan tidur setidaknya 7-8 jam sehari.

Selain itu miliki jadwal tidur yang tetap setiap hari. Kebiasaan ini akan menjaga metabolisme tubuh yang sehat dan menghindarkan kamu dari risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

4. Jauhi alkohol dan produk tembakau

Membatasi konsumsi alkohol akan membantu memperpanjang umur dan menghindarkan kamu dari penyakit yang berhubungan dengan hati, pankreas, dan jantung. Begitu juga dengan menghindari produk tembakau seperti rokok. Mengutip dari situs Healthline.com sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang berhenti merokok pada usia muda dapat memperpanjang usia hingga 8,5 tahun, mencegah penyakit seperti jantung koroner, dan gangguan paru-paru.

5. Kelola stres

Saat akhir pekan tiba, isi harimu dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mengalihkan pikiran dari stres. Stres dapat memiliki banyak pengaruh bagi kesehatan karena dapat bermanifestasi menjadi penyakit dan mempercepat penuaan.

Cobalah berolahraga, yoga, membaca, jalan-jalan, atau mengikuti kursus-kursus dan kegiatan komunitas yang kamu minati untuk mengalihkan pikiran. Biasakan juga untuk bersyukur atas apa yang kamu miliki setiap hari dan selalu berpikiran positif.

Mengadopsi kebiasaan-kebiasaan positif tersebut sejak muda merupakan salah satu langkah perencanaan kehidupan yang lebih baik di masa tua nanti. Kesehatan yang terjaga hingga hari tua akan membuatmu lebih sejahtera dan memungkinkan untuk tetap aktif meski usia tidak lagi produktif.


Sumber: http://biz.kompas.com/read/2017/11/30/213133328/
mau-sehat-hingga-hari-tua-yuk-adopsi-kebiasaan-baik-ini

Tag : Sehat, kebiasaan,



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat