07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   20:00 . Mendag: Side Events G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Personel Kodim Tuban Terima Vaksinasi Booster   |   18:00 . Ranting NU Patihan Gelar Perekaman Kartanu   |   17:00 . Hadir di MKNU PCNU Tuban, Begini Pesan Kiai Marzuki untuk Warga NU   |   16:00 . Berikut Tiga Major Project BKKBN untuk Akselerasi Penurunan Stunting 2024   |   14:00 . Ratusan Pekerja Semen Tuban Disuntik Vaksin Booster   |   13:00 . Kasus Omicron Terus Bertambah, Puncak Kenaikan Kasus Diprediksi pada Februari hingga Awal Maret   |   12:00 . Setelah Terbakar Pasar Baru Tuban Berganti Nama   |   11:00 . Dinsos Coret 101 ASN Tuban yang Cairkan Bansos Covid-19 dan Sanksi Pendamping   |   10:00 . Kurang Antusiasme dari Orang Tua, Hanya Sedikit Balita yang Datangi Posyandu   |   09:00 . Berikut Alasan Mengapa Makanan Diet Sehat Cenderung Lebih Mahal   |   08:00 . Pasar Tradisional dan Toko Kelontong Diberi Waktu Sepekan untuk Sesuaikan Harga Minyak Goreng   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   21:00 . Pandemi Covid-19 Terus Berlanjut, Perajin Gerabah Ngadirejo Berpindah Haluan   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mau Sehat Hingga Hari Tua? Yuk, Adopsi Kebiasaan Baik Ini!

bloktuban.com | Friday, 01 December 2017 07:00

Mau Sehat Hingga Hari Tua? Yuk, Adopsi Kebiasaan Baik Ini!

Reporter: -

blokTuban.com - Setiap orang pastinya punya keinginan untuk panjang umur, tetap sehat dan aktif sampai hari tua. Berkeluarga, hingga dapat melihat pertumbuhan anak cucu adalah momen berharga bagi kebanyakan orang.

Keinginan tersebut sangat mungkin untuk diwujudkan oleh siapa saja, meskipun kehidupan masyarakat modern masa kini penuh dengan beragam tantangan kesehatan seperti polusi, kehidupan yang sibuk, serba cepat, dan instan.

Meski saat ini kamu masih berada di usia produktif dan bisa melakukan apa saja yang diinginkan, kamu sebaiknya mulai berpikir jauh ke depan. Tingkatkan kepedulian akan kesehatan tubuh saat ini hingga masa tua nanti dengan mengadopsi kebiasaan-kebiasaan positif berikut.

1. Rutin berolahraga

Miliki kehidupan yang aktif dengan membiasakan diri berolahraga setiap hari. Olahraga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh, menekan stres, dan tentunya memperbaiki metabolisme tubuh. Sediakan waktu setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga yang sulit, mulai dulu dari yang sederhana seperti jalan cepat atau lari pagi.

2. Menjaga asupan makanan

Mengubah kebiasaan makan dengan mengurangi konsumsi makanan instan, olahan, makanan manis, asin, dan berlemak sangat berpengaruh terhadap kesehatan kini dan di hari tua nanti. Kamu akan terhindar dari risiko obesitas, sakit jantung, dan diabetes.

Perbanyak konsumsi sayur, buah, dan ikan untuk mencukupi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral. Jaga juga porsi makan ideal. Saat akhir pekan tiba, jangan menghibur diri dengan terlalu banyak makan (over eating).

3. Menjaga pola tidur

Selain makanan, menjaga pola tidur yang sehat sejak muda juga sangat diperlukan. Kurangi kebiasaan bergadang dan nongkrong bersama teman dari malam sampai pagi. Usahakan tidur setidaknya 7-8 jam sehari.

Selain itu miliki jadwal tidur yang tetap setiap hari. Kebiasaan ini akan menjaga metabolisme tubuh yang sehat dan menghindarkan kamu dari risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

4. Jauhi alkohol dan produk tembakau

Membatasi konsumsi alkohol akan membantu memperpanjang umur dan menghindarkan kamu dari penyakit yang berhubungan dengan hati, pankreas, dan jantung. Begitu juga dengan menghindari produk tembakau seperti rokok. Mengutip dari situs Healthline.com sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang berhenti merokok pada usia muda dapat memperpanjang usia hingga 8,5 tahun, mencegah penyakit seperti jantung koroner, dan gangguan paru-paru.

5. Kelola stres

Saat akhir pekan tiba, isi harimu dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mengalihkan pikiran dari stres. Stres dapat memiliki banyak pengaruh bagi kesehatan karena dapat bermanifestasi menjadi penyakit dan mempercepat penuaan.

Cobalah berolahraga, yoga, membaca, jalan-jalan, atau mengikuti kursus-kursus dan kegiatan komunitas yang kamu minati untuk mengalihkan pikiran. Biasakan juga untuk bersyukur atas apa yang kamu miliki setiap hari dan selalu berpikiran positif.

Mengadopsi kebiasaan-kebiasaan positif tersebut sejak muda merupakan salah satu langkah perencanaan kehidupan yang lebih baik di masa tua nanti. Kesehatan yang terjaga hingga hari tua akan membuatmu lebih sejahtera dan memungkinkan untuk tetap aktif meski usia tidak lagi produktif.


Sumber: http://biz.kompas.com/read/2017/11/30/213133328/
mau-sehat-hingga-hari-tua-yuk-adopsi-kebiasaan-baik-ini

Tag : Sehat, kebiasaan,



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more