Patung Kong Co yang Viral di Medsos, Kini Ditutup

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen yang berada di kompleks Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, telah ditutup dengan menggunakan kain berwarna putih, Minggu (6/8/2017). Patung jenderal perang China itu ditutup setelah viral di media sosial dan menjadi perdebatan para netizen dunia maya hingga detik ini.

Penutupan patung setinggi 30 meter yang menyabet rekor muri itu dieksekusi oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

[ Baca juga:  Tiga Petugas Inilah yang Menutup Patung Kong Co ]

Disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono, penutupan patung ini dilakukan atas inisiatif pihak internal klenteng. Pihak pengurus menyampaikan ke Pemerintahan Kabupaten untuk menutup sementara patung dengan kain.

"Penutupan patung ini kemauan dari pihak klenteng, disampaikan ke Pemkab lalu yang mengeksekusi adalah BPBD," kata Joko kepada wartawan di lokasi, saat memantau penutupan patung.

Dengan demikian, adanya penutupan patung sementara ini bisa membuat suasana menjadi tenang dan tidak terus menerus diributkan. Sebab, dari pihak pemerintah Kabupaten hanya mempermasalahkan administrasi perizinan, bukan masalah patung dewanya.

"Sekarang patung sudah ditutup dengan menggunakan kain warna putih secara menyeluruh. BPBD hanya menjalankan tugas dari pimpinan," pungkas mantan camat Widang itu.

Pihak klenteng Kwan Sing Bio belum bisa memberikan keterangan mengenai penutupan patung tersebut. Ketua Umum (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan Putra Wirawan hanya memberikan ucapan no coment saat diwawancarai.

"No coment untuk ini," singkat Gunawan saat dihubungi via telepon.

Penutupan patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen dengan menggunakan kain ini sudah dilakukan sejak Sabtu kemarin, namun karena angin kencang dan arsitektur bangunan yang rumit menyebabkan penutupan terkendala.[nok/ito]