106 Anak Disunat dalam 80 Menit

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Khitanan Masal dalam Rangka Haul Agung Syeikh Maulana Ibrahim Asmoroqondi diikuti 106 anak. Mereka semua selesai disunat dalam kurun waktu 80 menit.

"Alhamdulillah, semua peserta sudah berhasil disunat. Semoga menjadi anak-anak yang soleh," kata Ketua Yayasan Maulana Ibrahim Asmoroqondi, Haji Rahmat, kepada blokTuban.com, Jumat (14/7/2017).

Mereka disunat mulai pukul 08.00 dan selesai jam 09.20 Wib. Semuanya disunat hanya satu orang calak (ahli khusus khitan), yakni Muh. Ma'sum Al-Hidayat. "Alhamdulillah lancar, per anak bisa disunat kurang dari 1 menit," kata Ma'sum.

Ma'sum tidak menemui kendala berarti selama menyunat. Hanya ada satu anak yang membutuhkan penanganan khusus karena ada sumbatan kulit di organ vital. Itupun langsung bisa diatasi. Selain itu semua prosesi menyunat berjalan lancar.

Pria lulusan IKIP PGRI Unirow ini mengaku sudah biasa menangani sunatan masal. Selain di Asmoroqondi, setiap tahun dia juga menyunat di acara Haul Sunan Bonang Tuban dan juga di kawasan Kauman, Kabupaten Bojonegoro. [pur/rom]