Kadinkes: Jika Pasien Miskin, Dilayani Gratis

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tuban, Saiful Hadi menanggapi adanya keluhan warga miskin yang tidak bisa berobat karena terkendala masalah biaya.

Menurut dia, jika benar yang sakit adalah warga miskin, maka harus segera mendapatkan pengobatan. Sebab, jika tidak segera ditangani maka dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Ya harus segera ditangani agar mendapat pelayanan, karena dia sangat membutuhkan berobat gratis," ujar Saiful kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Minggu (2/7/2017).

Baca juga [Lagi-lagi Biaya Jadi Penghalang Berobat Warga Miskin]

Namun demikian, dia berharap yang benar-benar mendapat pelayanan pengobatan gratis adalah warga yang tidak mampu. Jangan sampai ada orang kaya tetapi meminta bantuan pengobatan gratis dari pemerintah.

Pemerintah memang memprioritaskan pengobatan gratis hanya bagi warga yang tidak mampu, karena pemerintah menilai kehidupan perekonomian warga tersebut belum cukup untuk menopang biaya berobat.

"Silahkan dirujuk kalau ditemukan warga yang tidak mampu, bisa melalui puskesmas," pungkasnya.

Diketahui, kejadian warga yang tidak mampu untuk berobat dialami Painah (63), warga Desa Kedungmakam, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban. Dia mengeluh sakit perut yang tak kunjung membaik, sehingga merasa perlu untuk mendiagnosis penyakit yang dialaminya tersebut. Painah dirawat Puskesmas Jatirogo sejak Jum'at, 30 Juni lalu. [nok/rom]