Lazisnu Tuban Peduli Yatim dan Duafa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

bkokTuban.com - Berbagi sesama di bulan suci Ramadan merupakan kesempatan emas satu tahun sekali. Tidak ingin melewatkan momen tersebut, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Tuban menggelar program peduli yatim piatu, duafa dan faqir miskin.

Ketua Lazisnu Tuban, Muhtarom mengatakan, di bulan yang penuh rahmat ini Lazisnu bergerak untuk membantu sesama melalui kegiatan berbagi dan bersedekah kepada golongan yang berhak mendapatkan (mustahiq). Seperti yang digelar siang ini, Minggu (4/6/2017) di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

"Selama Ramadan kita tebar santunan ke 350 anak yatim dan dhuafa di Kabupaten Tuban," jelas Muharrom kepada blokTuban.com, Minggu (4/6/2017).

Pihaknya berharap, dengan santunan yang diberikan dapat menjadi spirit menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh dan tetap dalam ketenangan. Sebab, dengan sedikit kumpulan sedekah masyarakat yang disalurkan ke Lazisnu bisa mengurangi beban mereka (yatim piatu dan duafa, red).

Dengan adanya kegiatan peduli ini, diharapkan juga bagi kader NU maupun masyarakat luas bangkit sedekah. Artinya, membangkitkan budaya bersedekah di kalangan umat Islam Indonesia, terutama warga NU Kabupaten Tuban untuk kemandirian umat. Sebab, bersedekah adalah budaya baik warisan para pendahulu, baik para kiai dan para ulama.

"Bulan Ramadan merupakan bulan sedekah penuh rahmah. Bulan berkah ini akan dijadikan momentum untuk Program Bangkit sedekah Lazisnu," pungkasnya. [rof/ito]