Masuk 10 Besar, Siswa Presentasi di Depan Juri

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sepuluh pelajar dari berbagai SMA Sederajat di Kabupaten Tuban mempresentasikan karya mereka dihadapan Dewan Juri Lomba Menulis Opini Pelajar SMA Sederajat yang digelar Ronggolawe Press Solidarity (RPS) dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2017.

Presentasi digelar siang ini, Rabu (8/3/2017), di Balai Wartawan, Jalan Pramuka nomor 1 Tuban. Mereka adalah peserta lonba yang karyanya, masuk 10 besar dari sekitar 70 naskah yang masuk ke panitia.

"Naskah mereka masuk 10 besar, tema yang diangkat adalah potensi dan pengelolaan destinasi wisata di Tuban, " kata kordinator lomba, Dion Fajar Arianto, kepada blokTuban.com.

Siswa awalnya mempresentasikan naskah yang dibuat selama beberapa menit, kemudian melakukan tanya jawab dengan juri. Sesekali, terjadi adu argumen antara dewan juri dengan peserta yang mempertahankan pendapat yang ada di naskah opini.

Secara garis besar, peserta menyoroti keberadaan wisata di Kabupaten Tuban. Baik yang sudah terkelola, ataupun yang masih belum terkelola. Juga membeberkan beberapa potensi yang mungkin bisa digarap pengelola wisata di Tuban. Seperti penambahan fasilitas berupa wahana poto, permainan, dan sebagainya.

"Presentasi ini dilakukan buat memastikan kalau naskah opini yang dibuat merupakan hasil karya sendiri, " kata Dion.

Dewan juri di lomba ini adalah Dr H Sariban Mpd, Kepala Prodi Pasca Sarjana Unisda Lamongan, Teguh Budi Utomo, jurnis senior di Tuban, dan juga Suwanto SE, selaku Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Tuban. [pur/ito]