'Unirow Membangun Desa', Lepas 1362 Mahasiswa KKN

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban melakukan pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pendopo Kridha Manunggal Kabupetan Tuban, Senin (8/8/2016) pukul 08.30 WIB.

Dalam acara pelepasan mahasiswa KKN tersebut, turut hadir sejumlah pejabat penting Kabupaten Tuban, diantaranya Bupati dan wakil Bupati Tuban, Perwakilan Yayasan Damanadiri Prof. Haryono Suyono, Sekda, Ketua DPRD, Kapolres, Camat, dan sejumlah Kepala Desa terkait.

Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani mengatakan, bahwa KKN merupakan wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Menurutnya, KKN haruslah menjadi sarana bagi mahasiswa agar bisa memahami setiap kondisi masyarakat yang ada di desa, baik dari segi individu personal yang ada dan juga kondisi masyarakat sekitar.

"Tema KKN kali ini adalah 'Unirow membangun Desa', sebanyak 1362 mahasiswa KKN siap kita terjunkan di masyarakat," ujar Dian sapaan akarabnya, saat sambutan.

Lebih lanjut Dian menjelaskan, ada sebanyak 65 desa yang akan disinggahi mahasiswa Unirow dalam KKN dan keseluruhan desa tersebut ada di 12 kecamatan, antara lain Kecamatan Jenu, Senori, Merakurak, Palang, Parengan, Plumpang, Rengel, Grabagan, Semanding, Soko, Tuban dan Kecamatan Widang.

"Semoga kehadiran mahasiswa KKN Unirow bisa memberikan manfaat yang postif bagi masyarakat desa yang disinggahi," pungkasnya.

Sementara itu Bupati Tuban, Fathul Huda, menyampaikan apresiasi atas langkah Unirow dalam pelepasan mahasiswa KKN dengan melibatkan Pemkab. Menurut pria yang kembali menjabat Bupati itu, langkah ini adalah langkah inovatif untuk mensinergikan program Pemkab dengan pihak Perguruan Tinggi, karena Pemkab juga perlu adanya evaluasi ataupun koreksi dari sudut pandang akademisi.

"Semoga ini adalah awal kerjasama yang baik antara Pemkab dengan Unirow dalam membangun Tuban," tutup Bupati berlatar pengusaha tersebut.

Diketahui, kegiatan pelepasan mahasiswa KKN ini berakhir pukul 11.00 WIB, dengan dibuka secara langsung oleh Bupati Tuban Fathul Huda. [nok/rom]