Pesona Goa Kancing Prunggahan Kulon

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sekilas nampak indah ketika mata memandang. Diantara pohon yang hijau dan rindang serta pemandangan perbukitan yang indah terhampar luas, terdapat sebuah goa yang dapat dijadikan sebagai obat pelepas penat.

Goa tersebut tampak berdiri menjulang berhadap-hadapan, terdapat sebuah celah layaknya pintu yang telah terbuka sedikit dan menjadi ruang.

Ya, itulah Goa Kancing, begitulah masyarakat menyebutnya. Goa yang terletak di Dusun Telogo, Desa Prunggahan Kulon, memang terlihat menarik bagi setiap orang yang melihatnya. Dengan dikelilingi daerah perbukitan, maka sudah tentu jika tempat yang bernuansa alam itu layak untuk dijadikan liburan akhir pekan bagi kaula muda.

Bahkan tak bosan-bosan masyarakat sekitar tampak asik bersantai di tempat tersebut, saat sang surya mulai terbenam. Hal itu dilakukan karena pada waktu tersebut, cuaca tidak lagi panas, sehingga sangat cocok jika digunakan untuk bersantai menikmati keindahan Goa Kancing.

Sholeh salah seorang anak sekitar mengatakan, jika dia sering menghabiskan waktu di Goa Kancing. Menurutnya, goa tersebut sangat asik untuk dikunjungi saat sedang tidak ada aktivitas, terlebih disaat waktu mulai sore. Sebab, diwaktu senja suasana nyaman begitu dirasakan.

"Kalau sore di sini enak, adem, anginnya juga segar karena dikelilingi oleh pepohonan," ujarnya kepada blokTuban.com.

Sementara itu, Kepala Desa Prunggahan Kulon Darko, membenarkan jika goa kancing merupakan destinasi wisata yang berada di desa yang dia pimpin. Goa kancing merupakan tempat yang diidolakan bagi pemuda di desanya, terkadang juga ada pemuda dari luar desa yang datang untuk menikmati pesona goa tersebut. Selain itu juga kerap kali dibuat untuk acara trail motocross, banyak yang latihan motocross di sekitar lokasi goa kancing.

"Jika mau destinasi wisata ekonomis ya datang saja di Goa Kancing Prunggahan kulon, saat sore hari sangat baik digunakan untuk bersantai," pungkas Kades. [nok/rom]