Tekan Silpa, Perencanaan Anggaran Harus Disesuaikan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sisa lebih perhitungan (Silpa) 2015 mencapai 290 miliar, angka tersebut dinilai sangat banyak sekali tidak sesuai dengan serapan oleh masing-masing SKPD. Tentunya, dari Silpa tersebut akan menjadi evaluasi bagi Pemerintahan Kabupaten kedepannya agar Silpa tidak membengkak.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, mengatakan untuk mengantisipasi agar Silpa tidak semakin bertambah, maka perencanaan anggaran ditahun 2016 harus sudah selesai pada 2015. Jadi sudah tersusun semuanya, serapan anggaran sudah disesuaikan.

"Itu langkah untuk antisipasi agar Silpa tidak semakin bertambah," ujar pria asal Rengel.

Pria yang terpilih sebagai Wakil Bupati Tuban dua periode menjelaskan detail terkait Silpa di tahun 2015, sebenarnya Silpa murni Pemkab sebesar 160 Miliar, sisanya 130 Miliar itu terkait sertifikasi guru yang ada kesalahan data.

Data guru yang sudah tersertifikasi ini sebenarnya juga ada yang telah pensiun, namun belum diverifikasi, disitulah letak kesalahan yang menyebabkan banyaknya Silpa.

"Maka dari itu, Silpa ditahun 2015 akan menjadi pembelajaran bagi Pemkab, Perencanaan anggaran 2016 harus selesai ditahun 2015," pungkasnya.[nok/ito]