Reporter: Ikhsanul Yazid

blokTuban.com - Ruang kelas sekolah pada umumnya berupa tembok, juga bangku dan kursi sebagai alat pelengkap ruangan, akan tetapi di MTs Ulumiyah Kebonharjo, Kecamatan Jatirogo, ada ruang kelas yang menggunakan gazebo sebagai tempat belajar mengajar.

Waka Kesiswaan, Ilyas mengatakan, pada awalnya pihak sekolah berencana mendirikan ruang kelas baru untuk siswa, akan tetapi karena kekurangan dana, serta untuk mengirit anggaran, pihak sekolah memutuskan membuat gazebo sebagai pengganti ruang kelas.

"Selain mengurangi biaya pembangunan gedung, hasil pembutan gazebo juga memiliki nilai seni tinggi, serta multi fungsi. Karena selain digunakan untuk ruang kelas, gazebo sendiri nyaman sebagai tempat diskusi atau sekadar istirahat," ungkapnya kepada blokTuban.com

Siswa justru merasa senang, kata Ilyas menambahkan. "Karena memang selain bernuansa alam, proses belajar mengajar pun lebih nyaman dan santai ketika berada di ruangan terbuka atau ruang kelas gazebo," imbuhnya.

Salah seorang siswa, Novita mengatakan, di gazebo lebih enak dan nyaman, karena bisa belajar sambil menikmati pemandangan sekitar, sehingga tidak jenuh.

"Terkadang sedikit terganggu dengan suara kendaraan yang lewat, akan tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama sehingga tidak menjadi masalah," pungkas Novita. [nul/rom]