BPBD: Pohon Rawan Tumbang, Harus Segera Ditertibkan

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Memasuki musim penghujan yang disertai angin kencang, tak ada salahnya bila kita menyiapkan payung sebelum hujan turun. Begitu pula yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi roboh dan tumbangnya pohon di pinggir-pinggir jalan raya.

Seperti yang dilansir bT, sebutan blokTuban.com pada hari sebelumnya. Tuban selatan menjadi sasaran angin puting beliung. Sehingga, di jalan raya sangat rawan terjadinya pohon tumbang.

Seperti gambar yang diambil blokTuban.com, yakni pohon berukuran besar di jalan raya Singgahan-Senori, tampak akan tumbang atasnya, namun masih belum jatuh kebawah. Sehingga hal ini sangat mengkhawatirkan para pengguna jalan. Terlihat cabang pohon yang menggelantung dan patah dahannya.

Menurut pengakuan dari ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Joko Ludiyono, pihaknya sudah berkoordinasi ke kecamatan-kecamatan dan pihak keamanan setempat, untuk segera turun dan bersih-bersih jalan dalam tahapan penanggulangan bencana di daerah tersebut.

"Sudah kita koordinasikan, semoga cepat dipangkas dan dibersihkan, karena pohon-pohon yang tua di pinggir jalan sangat rawan, melihat musim hujan yang disertai angin ini" ujarnya saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Sedangkan menurut salah satu pengguna jalan, Rokim (30), pohon yang sudah tua dan dahannya lebat sebaiknya segera dipangkas. Sebab sudah mulai masuk musim hujan, yang biasanya disertai angin kencang.

" Jadi, bila dibiarkan sangat rawan sekali," ujar pria asal Desa Sendang, Kecamatan Senori tersebut. [hid/mu]