Terus Kampanye Peduli Lingkungan

Sejak tahun 2013 lalu, blokMedia Group melalui program blokBojonegoro Goes to School (bB GtS) telah mencanangkan kampanye hijau atau “Go Green”. Berbagai jalan diretas, diantaranya dengan menggandeng pihak ketiga, pemerhati lingkungan dan perusahaan pro hijau.

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Siang itu, Pemimpin Umum/General Manager (GM) blokTuban.com, Muhammad Abdul Qohhar beserta reporter bT, sebutan akrab blokTuban.com, tampak duduk termenung di tepi pantai Tuban. Tepatnya di kawasan hijau Mangrove Center Tuban (MCT) Desa/Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Ia seperti memikirkan sesuatu sambil memandangi laut lepas.

Tiba-tiba seorang paruh baya menyapa dari kejauhan. Ia adalah pendiri sekaligus penggagas MCT,  H. Ali Mansyur. Gus Ali, panggilan akrabnya, langsung mengajak Mas Koko, panggilan akrab Magister Komunikasi lulusan Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO) Surabaya tersebut, agar singgah di ruang tamu yang cukup asri. Lokasinya tepat di sebelah barat tempat ibadah di MCT.

“Ini kawan akrab saya, sesama pejuang lingkungan. Terutama yang menggalakkan kampanye Go Green di Kabupaten Bojonegoro,” kata Gus Ali memulai percakapan dengan blokTuban.com.

Sekitar dua jam lebih, Gus Ali dan Mas Koko tampak begitu karib. Saling tukar pikiran, terutama melakukan terobosan agar program lingkungan hijau mudah diterima di lingkup siswa. Sebab, telah puluhan sekolah disambangi Tim bB-GtS yang menjalankan program “Menanam dan Menulis”. Sehingga, ada evaluasi dan peningkatan-peningkatan yang perlu ada masukan dan tambahan dari Gus Ali yang lahir pada 15 Agustus 1958 itu.

“Sebenarnya program tersebut sudah sangat tepat dan mengena. Apalagi, siswa adalah generasi emas yang harus dikenalkan dekat dengan lingkungan,” tambahnya.

Selama ini cukup sedikit media yang peduli akan lingkungan. Dalam artian langsung terjun bersama-sama pegiat untuk mengampanyekan “Go Green”. Bahkan, blokMedia Group seingatnya telah puluhan ribu menanam berbagai jenis pohon bersama mitra. “Saya mengetahui jelas, karena telah bermitra dengan blokMedia Group sejak lama,” terang Gus Ali.

Peraih Kalpataru kategori Perintis Lingkungan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2012 dari Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono itu bercerita, di beberapa kesempatan, termasuk ketika berdiskusi dengan Kementerian Lingkungan Hidup, dirinya membanggakan program “Menanam dan Menulis”. Sebab, dengan menanam akan bisa menumbuhkan kesehatan di bumi dan menceritakan proses dengan menulis yang mudah dipahami, akan turut serta menyadarkan masyarakat.

“Banyak juga yang kagum dengan cara blokMedia Group membuat program. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan yang datang ke MCT juga sering diberitahu salah satu program bagus seperti dilakukan group media yang sekarang mempunyai jaringan di Kabupaten Tuban itu.

Dirinya berharap kalau blokMedia Group tetap berkomitmen dan melanjutkan program Menanam dan Menulis hingga waktu-waktu yang akan datang. Apalagi sekarang ini di Bumi Wali telah ada blokTuban.com. Selama ini, menurutnya, tidak banyak pihak yang memperhatikan langsung kelestarian lingkungan. Karena membuat pola penanaman dengan hasil terukur cukup jarang dilakukan. Kalau banyak menanam setelah itu dibiarkan dan tidak dirawat, sudah sering dijumpai.

“Program ini sangat terukur dengan sasaran siswa. Dengan begitu, bibit atau pohon yang ditanam ada yang mengurusi pasca tanam hingga tumbuh kembang,” lanjut pria yang mendirikan MCT di tahun 2005 tersebut. [ito/mad]