20:00 . Pemuda Ini Benjol-Benjol Usai Dikeroyok Sekelompok Orang Tak Dikenal   |   19:00 . Warna Hijab Paling Banyak Diminati Remaja, Bikin Kulit Terlihat Lebih Cerah!   |   18:00 . Laris Manis, Aneka Jajanan Murmer Beromzet Ratusan Ribu per Hari   |   09:00 . Rahasia Bisnis Kue Dumbeg Bertahan hingga Tiga Generasi   |   07:00 . Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak   |   18:00 . Penyuluh Agama Kecamatan Widang Lakukan Gibas Buluh   |   17:00 . Bermodalkan Rp200 Ribu, Pengusaha Kue Ini Beromzet Jutaan   |   13:00 . ORTN BRIN Bersama Anggota DPR RI Bantu Petani Tuban Benih Padi Varietas Inpari Sidenuk   |   12:00 . Bantu Herd Immunity, Wihadi dan Kader Gerindra Tuban Turun Gunung Gelar Vaksinasi   |   09:00 . Jago Bisnis Desain dan Ilustrasi, Pemuda Tuban Diundang ke Wakatobi Ilustrasikan Aset Budaya   |   08:00 . Perempuan Desa Klotok Ini Hasilkan Cuan dari Merajut   |   07:00 . Bermain di Masa Pandemi Jadi Kebutuhan Dasar Anak yang Harus Terpenuhi   |   21:00 . Gemar Buat Kue, Kini Fudgy Brownies Dapur Aga Hadir Di Tuban   |   20:00 . Sate Korea Mr. Baek, Santapan Nikmat Harga Bersahabat   |   18:00 . Baju Bekas Kembali Digemari Jadi Peluang Usaha di Tengah Pandemi   |  
Thu, 21 October 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

H. Ali Mansyur, Pendiri MCT

Terus Kampanye Peduli Lingkungan

bloktuban.com | Tuesday, 10 November 2015 08:00

Terus Kampanye Peduli Lingkungan

Sejak tahun 2013 lalu, blokMedia Group melalui program blokBojonegoro Goes to School (bB GtS) telah mencanangkan kampanye hijau atau “Go Green”. Berbagai jalan diretas, diantaranya dengan menggandeng pihak ketiga, pemerhati lingkungan dan perusahaan pro hijau.

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Siang itu, Pemimpin Umum/General Manager (GM) blokTuban.com, Muhammad Abdul Qohhar beserta reporter bT, sebutan akrab blokTuban.com, tampak duduk termenung di tepi pantai Tuban. Tepatnya di kawasan hijau Mangrove Center Tuban (MCT) Desa/Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Ia seperti memikirkan sesuatu sambil memandangi laut lepas.

Tiba-tiba seorang paruh baya menyapa dari kejauhan. Ia adalah pendiri sekaligus penggagas MCT,  H. Ali Mansyur. Gus Ali, panggilan akrabnya, langsung mengajak Mas Koko, panggilan akrab Magister Komunikasi lulusan Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO) Surabaya tersebut, agar singgah di ruang tamu yang cukup asri. Lokasinya tepat di sebelah barat tempat ibadah di MCT.

“Ini kawan akrab saya, sesama pejuang lingkungan. Terutama yang menggalakkan kampanye Go Green di Kabupaten Bojonegoro,” kata Gus Ali memulai percakapan dengan blokTuban.com.

Sekitar dua jam lebih, Gus Ali dan Mas Koko tampak begitu karib. Saling tukar pikiran, terutama melakukan terobosan agar program lingkungan hijau mudah diterima di lingkup siswa. Sebab, telah puluhan sekolah disambangi Tim bB-GtS yang menjalankan program “Menanam dan Menulis”. Sehingga, ada evaluasi dan peningkatan-peningkatan yang perlu ada masukan dan tambahan dari Gus Ali yang lahir pada 15 Agustus 1958 itu.

“Sebenarnya program tersebut sudah sangat tepat dan mengena. Apalagi, siswa adalah generasi emas yang harus dikenalkan dekat dengan lingkungan,” tambahnya.

Selama ini cukup sedikit media yang peduli akan lingkungan. Dalam artian langsung terjun bersama-sama pegiat untuk mengampanyekan “Go Green”. Bahkan, blokMedia Group seingatnya telah puluhan ribu menanam berbagai jenis pohon bersama mitra. “Saya mengetahui jelas, karena telah bermitra dengan blokMedia Group sejak lama,” terang Gus Ali.

Peraih Kalpataru kategori Perintis Lingkungan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2012 dari Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono itu bercerita, di beberapa kesempatan, termasuk ketika berdiskusi dengan Kementerian Lingkungan Hidup, dirinya membanggakan program “Menanam dan Menulis”. Sebab, dengan menanam akan bisa menumbuhkan kesehatan di bumi dan menceritakan proses dengan menulis yang mudah dipahami, akan turut serta menyadarkan masyarakat.

“Banyak juga yang kagum dengan cara blokMedia Group membuat program. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan yang datang ke MCT juga sering diberitahu salah satu program bagus seperti dilakukan group media yang sekarang mempunyai jaringan di Kabupaten Tuban itu.

Dirinya berharap kalau blokMedia Group tetap berkomitmen dan melanjutkan program Menanam dan Menulis hingga waktu-waktu yang akan datang. Apalagi sekarang ini di Bumi Wali telah ada blokTuban.com. Selama ini, menurutnya, tidak banyak pihak yang memperhatikan langsung kelestarian lingkungan. Karena membuat pola penanaman dengan hasil terukur cukup jarang dilakukan. Kalau banyak menanam setelah itu dibiarkan dan tidak dirawat, sudah sering dijumpai.

“Program ini sangat terukur dengan sasaran siswa. Dengan begitu, bibit atau pohon yang ditanam ada yang mengurusi pasca tanam hingga tumbuh kembang,” lanjut pria yang mendirikan MCT di tahun 2005 tersebut. [ito/mad]

Tag : profil, MCT, Gus Ali



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more