Gol di Menit Ke-99 Bikin Kecewa, PSSI Kirim Protes ke AFC Soal Wasit Ahmed Al Kaf

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan mengirimkan surat protes resmi kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf dalam pertandingan ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Bahrain melawan Indonesia, Kamis (10/6).

Laga yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, tersebut berakhir imbang 2-2. Indonesia yang sempat unggul hingga menit-menit akhir pertandingan harus rela berbagi poin setelah Mohamed Marhoon mencetak gol penyeimbang bagi Bahrain pada menit ke-99. 

Gol tersebut menghancurkan harapan Indonesia untuk meraih kemenangan setelah sempat memimpin dengan skor 2-1.

"Ya, kita akan kirim surat protes," kata anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, ketika dimintai konfirmasi mengenai sikap PSSI atas keputusan wasit yang kontroversial.

Keputusan wasit Ahmed Al Kaf memberikan tambahan waktu enam menit pada masa injury time menjadi sorotan. Namun, pertandingan justru berlangsung hingga menit ke-99, yang kemudian dimanfaatkan Bahrain untuk mencetak gol penyama kedudukan.

“Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” tambah Arya.

Dalam pertandingan ini, Indonesia mencetak dua gol melalui Ragnar Oratmangoen pada menit 45+3 dan Rafael Struick pada menit ke-74. Hasil imbang ini menempatkan Indonesia di posisi kelima klasemen sementara Grup C dengan koleksi tiga poin.

Pada laga berikutnya, Indonesia akan menghadapi tuan rumah China pada Selasa (15/10). PSSI berharap pertandingan selanjutnya dapat berjalan lebih adil tanpa kontroversi kepemimpinan wasit seperti yang terjadi di Bahrain.

[Rof/Ali]