Guguran Bunga Angsana Hiasi Tuban, Netizen Salah Sangka Sudah di Eropa

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Bunga angsana kuning atau sonokembang yang mulai berguguran di berbagai titik di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menarik perhatian banyak warga dan netizen, Selasa (8/10/2024). 

Pemandangan ini biasanya terjadi pada bulan Oktober hingga November, ketika bunga-bunga tersebut mulai gugur secara alami.

Hampir sepanjang jalan Basuki Rahmat Tuban terlihat hamparan bunga kuning yang jatuh dari pohon-pohon angsana. Meski indah, masyarakat diimbau untuk tetap berhati-hati karena bunga yang tertiup angin sering kali beterbangan dan bisa mengenai mata. 

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @eris_virnanda, tampak suasana jalanan yang dihiasi oleh guguran bunga tersebut. Video ini kemudian menarik perhatian netizen yang turut memberikan beragam komentar. 

Akun @bethewinner.id, misalnya, menuliskan, "Nek nang Tuban akeh bunga kuning berguguran tpi roso iki ga iso gugur nyawang awakmu pye no?" yang diartikan sebagai ungkapan perasaan kepada seseorang.

Sementara itu, @venunna mengomentari tentang bunga yang beterbangan, "Mlebu moto nek pas keno angin," yang artinya bunga-bunga tersebut bisa masuk ke mata saat tertiup angin.

Komentar lainnya dari @anto.syeker mengatakan, "Biasa e pertanda musim hujan wes pe mulai min," mengisyaratkan bahwa fenomena ini sering kali dianggap sebagai tanda datangnya musim hujan.

Tak kalah menarik, netizen @nawalnaaaf berkomentar, "Tuban kayak Eropa, Bojonegoro kayak Korea," membandingkan keindahan Tuban dengan suasana luar negeri. 

Sedangkan akun @dany ka menambahkan, "Bagus banget ini apalagi naik mobil duduk depan," yang mengomentari betapa indahnya pemandangan saat berkendara di tengah guguran bunga.

Fenomena alam yang indah ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Tuban, bahkan membuat beberapa orang merasa seolah-olah sedang berada di Eropa karena suasana jalanan yang tertutup bunga kuning. [Rof/Ali]