Tak Layak Pakai, Atap Ruang Guru SMPN 1 Senori Tuban Akhirnya Ambruk

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Atap salah satu ruang guru di SMP Negeri 1 Senori, Kabupaten Tuban, tiba-tiba ambruk pada Jumat sore (26/7). Kejadian ini menyebabkan rangka bangunan serta genting-genting berserakan memenuhi seisi ruang guru. 

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, mengingat kegiatan belajar-mengajar telah selesai atau pulang sekolah.

“Kejadiannya sekira pukul 14.00 WIB. Pas saya dapat laporan. Kemudian atap ambruk pada sore. kerangka lapuk,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 1 Senori, M Mas'ud.

Mas'ud menjelaskan bahwa bangunan ruang guru tersebut memang telah rusak berat sejak beberapa bulan yang lalu. 

Baca Juga: 

Kebakaran Tumpukan Sampah di Alas Pakah Tuban, Tim Pemadam Temukan Solar di Lokasi

Oleh karena itu, ruangan tersebut telah dikosongkan sejak bulan Maret lalu. Kayu rangka utama atap bangunan diketahui sudah lapuk dan tembok bangunan juga mengalami keretakan.

"Sebetulnya, ruang guru berdampingan dengan ruang BK. Namun, karena dirasa tidak layak pakai akhirnya kita kosongkan sekitar empat bulanan," tambah Mas'ud.

Mas'ud menuturkan bahwa ruang guru tersebut sebenarnya telah diusulkan untuk direhabilitasi. Namun, karena kondisinya yang rusak berat, pihak sekolah telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan. 

"Itu beberapa kali mau direhab dari Dinas Pendidikan (Disdik) namun sifatnya pemeliharaan," ungkapnya.

Baca Juga: 

Jalan Bektiharjo-Grabagan Tuban Tiba-tiba Bolong, Warganet Sebut Mirip Gua

Mas'ud berharap dengan adanya kejadian ambruknya atap ruang guru ini, Dinas Pendidikan segera merespons dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan. 

"Paska kejadian Jumat sore, kami telah laporkan ke Dinas Pendidikan Tuban. Semoga segera diperbaiki," harapnya.

Peristiwa ini menjadi perhatian penting bagi pihak sekolah dan Dinas Pendidikan untuk segera melakukan perbaikan agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari. [Ali/Rof]