Asti Sekaring Pecatur Tuban Wakili Jatim ke Kejurnas Catur di Depok

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebanyak 17 atlet dari Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Tuban berpartisipasi dalam ajang Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Junior ke-55 tahun 2024 yang diselenggarakan di Kabupaten Blitar. 

Acara yang berlangsung dari Senin hingga Kamis (22-25/7/2024) tersebut diikuti oleh 826 atlet se-Jawa Timur.

Ketua Percasi Tuban, Suwandi, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi salah satu atlet Percasi Tuban, Asti Sekaring Idea, yang berhasil meraih medali perak untuk kelas junior F usia 9 tahun. 

"Dalam kejurprov ini, salah satu atlet kami berhasil meraih medali perak dan nantinya akan mewakili Jawa Timur di ajang Kejurnas di Kota Depok," ujarnya dikutip dalam keterangan resmi, Sabtu (27/7/2024). 

Baca Juga: 

Hasil Kejuaraan Drag Bike Bupati Cup 2024 di Tuban: Lihat Daftar Pemenangnya

Langking Ayu Pratiwi Raih Juara 1 Kategori Umum Putri di Liga SR 1 Paralayang

Suwandi juga menambahkan bahwa seluruh pertandingan berjalan lancar tanpa kendala. "Alhamdulillah, dari 17 atlet yang kami kirim, satu atlet berhasil meraih medali perak," katanya.

Dari 17 atlet yang dikirim, terdiri dari 10 atlet laki-laki dan 7 atlet perempuan, dengan rincian: 1 atlet di kelas junior A, 4 atlet di kelas junior B, 3 atlet di kelas junior C, 4 atlet di kelas junior D, 3 atlet di kelas junior E, 1 atlet di kelas junior F, dan 1 atlet di kelas junior G.

Sebelum mengikuti kejurprov, para atlet telah melakukan persiapan selama dua bulan. Selain itu, mereka juga sedang mempersiapkan diri untuk ajang Popda dan Porprov. 

"Semoga melalui prestasi ini, Percasi Tuban bisa semakin baik dan atlet juga semakin semangat untuk berlatih," ucap Suwandi.

Suwandi mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Tuban yang telah memberikan dukungan kepada para atlet catur. 

Namun, ia berharap agar Disbudporapar terus memperhatikan dan meningkatkan anggaran untuk olahraga di Tuban. 

"Kami masih berharap agar Disbudporapar terus memperhatikan nasib olahraga di Tuban termasuk catur, karena dana hibah saat ini masih sangat minim sehingga berpengaruh pada pembinaan," ujarnya.

Keberhasilan ini bukan yang pertama bagi Percasi Tuban. Tiga tahun lalu, mereka juga meraih prestasi serupa. 

"Atlet ini sangat luar biasa, karena sebelumnya hanya 13 atlet yang dikirim, dan sekarang 17 atlet yang kami kirimkan. Alhamdulillah, satu atlet mendapat medali perak," pungkasnya.

Dengan prestasi yang diraih kali ini, Percasi Tuban diharapkan dapat terus mencetak atlet berprestasi di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. [Rof/Ali]