Diamuk Warga, Pelaku Pembobolan Kotak Amal di Tuban Mengaku Terpaksa Demi Biaya Anak

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Seorang pria berinisial ZI, yang diduga membobol kotak amal masjid, berhasil ditangkap setelah sempat melarikan diri dengan motor. 

Pelaku juga sempat diamuk warga sebelum diserahkan ke polisi. Kejadian pencurian uang kotak amal terjadi di Masjid Nurul Iman, Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, pada Minggu, 7 Juli 2024.

Perangkat Desa Mlangi, Hanto (52), membenarkan kejadian tersebut yang terjadi sekitar pukul 10.00 pagi. Saat itu, pelaku yang mengendarai motor sendiri masuk ke masjid dengan alasan baru saja buang air kecil. 

Warga yang curiga kemudian mengecek kotak amal yang terbuat dari kayu dan menemukan gemboknya rusak. Mereka mengejar pelaku yang sudah jauh meninggalkan lokasi.

"Awalnya ada warga kami yang mencurigai pelaku saat membeli bensin. Pelaku sudah kabur ke kecamatan lain, tapi berhasil dikejar dua warga dan diminta kembali ke masjid," kata Hanto, Senin (8/7/2024).

Dalam perjalanan ke masjid, pelaku sempat membuang besi yang dipakai untuk membuka gembok kotak amal. Besi tersebut diambil warga sebagai barang bukti.

"Saat diinterogasi, pelaku mengaku bukan orang Tuban dan terpaksa mengambil uang di kotak amal untuk biaya anaknya. Pelaku juga sempat diamuk warga yang marah," jelasnya.

Pelaku berhasil mengambil uang lebih dari satu juta rupiah. Kini, pelaku dan barang bukti berupa uang dan kotak amal telah diserahkan ke polisi untuk proses hukum selanjutnya. 

Kapolsek Widang, Iptu Narko, membenarkan bahwa pelaku dan barang bukti telah dilimpahkan ke Satreskrim Polres Tuban. [Dwi/Ali]