Cerdas Cermat Guru Digelar di Tuban: Dapat Piagam Hingga Siapkan Uji Kompetensi

Oleh: Ikhwan Fahrudin

blokTuban.com - Temu Pendidik Nusantara (TPN) XI  di Kabupaten Tuban akan digelar pada di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban. Kegiatan ini diselenggarakan oleh KGBN (Komunitas Guru Belajar Nusantara) Tuban dan Yayasan Guru Belajar. Total ada 50 daerah yang menyelenggarakan TPN XI sepanjang 8 Juni hingga 14 Juli 2024.

TPN merupakan forum tahunan yang menjadi kulminasi petualangan guru belajar sepanjang tahun melalui beragam aktivitas belajar, berkarya, dan berkarier. Di Kabupaten Tuban ada beberapa aktivitas TPN XI yakni kelas pendidik, kelas penggerak, talkshow pendidikan, pameran karya murid, dan Cerdas Cermat Guru (CCG).

Pada aktivitas belajar CGG, peserta akan mendapat soal tantangan konseptual dan praktis yang dirancang sesuai Perdirjen nomor 2626 tahun 2023 mengenai Model Kompetensi Guru. Aktivitas ini bukan kompetisi melainkan asesmen formatif untuk pendidik agar mengetahui level kompetensinya.  

“Mengapa ada CCG? Pertama, kurangnya keberagaman upaya peningkatan kompetensi guru. Lalu banyak program pengembangan kompetensi guru tapi minim yang membantu guru mengetahui level kompetensinya atau minim umpan balik,” terang Maman Basyaiban, ketua pelaksana TPN XI.

“Kemudian, program untuk mengetahui level kompetensi biasanya high stakes seperti uji kompetensi kenaikan jabatan, yang hasilnya sangat mempengaruhi masa depan karier guru,” lanjut Maman.

Melalui CCG, pendidik bisa mengetahui level kompetensinya tanpa rasa khawatir seperti gagal uji kompetensi. Sebaliknya, CCG menjadi tempat belajar yang seru, terlebih pesertanya adalah tim sehingga mereka bisa berdiskusi. Dengan umpan balik setelahnya, pendidik juga jadi tahu apa yang perlu mereka tingkatkan.

"Mengapa umpan balik perlu lebih banyak? Ibarat orang yang belajar memasak, sudah membaca banyak buku resep, menonton banyak tutorial masak, sudah mencoba memasak juga, tetap butuh makanannya dicicipi dan mendapat masukan dari orang lain. Dari situ jadi bisa mengukur diri apa yang perlu ditingkatkan dari masakannya. Sama halnya dengan guru yang mengajar, butuh umpan balik,” kata Maman.

Peserta yang lolos CCG di Kabupaten Tuban akan maju ke level nusantara di puncak TPN XI di PosBloc, Jakarta pada tanggal 2-3 November 2024. Pada level ini, peserta akan mendapat tantangan dengan format debat.

Edi Purnomo, peserta CCG tahun lalu yang maju ke level nusantara, menyebutkan CCG merupakan cara belajar yang seru dan sesuai dengan kebutuhan pendidik.

“Seru sekali CCG karena bersama guru yang lain, kita mengerjakan soal yang sangat relate dengan tantangan sehari-hari. Jadi dapat wawasan, ketika kita menghadapi persoalan, ada banyak opsi cara kita menghadapi, tapi ternyata apa yang selama ini kita anggap benar belum tentu itu cara yang tepat,” imbuh Nafakhatin.

“Yuk Bapak/Ibu pendidik, ambil kesempatan belajar di CCG tahun ini. Di piagam kita itu diberi tahu level kompetensi kita dan ada umpan baliknya. Untuk Bapak/Ibu PNS, ini sekaligus menjadi persiapan mengikuti ujian kompetensi,” tutupnya. [*/Ali]