Pencemaran Udara

blokTuban.com - Udara merupakan aspek paling penting di kehidupan setelah air. Pencemaran udara menjadi masalah lingkungan yang besar. Apa yang dimaksud pencemaran udara, pencemaran udara merupakan salah satu kerusakan lingkungan, berupa penurunan kualitas udara karena masuknya unsur-unsur berbahaya ke dalam udara atau atmosfer bumi, unsur-unsur berbahaya seperti polutan.

Faktor terjadinya pencemaran udara dari faktor manusia dan faktor alami, faktor utamanya adalah dari kegiatan manusia seperti merokok, membakar sampah, emisi kendaraan bermotor, pertambangan liar yang menyebabkan asap dan debu, asap industri, dan kebakaran hutan. Faktor alami adalah gunung meletus dan debu tanah atau debu pasir.

Dampak pencemaran udara dari asap rokok, asap knalpot kendaraan, asap pertambangan industri dll adalah gangguan pernafasan seperti asma, kanker paru-paru, infeksi saluran pernapasan dan sesak napas yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Pencernaan udara tidak terlepas dari bahaya gas emisi karbon monoksida (co) yang sangat berbahaya bagi paru-paru. Hal ini sangat penting untuk segera ditangani oleh pihak terkait. Jika tidak ada inisiatif dari pihak terkait untuk segera menangani, bisa jadi lambat laun akan menjadi bencana bagi kesehatan masyarakat sekitar dekat jalan pantura umumnya.

Menurut saya solusi yang dapat kita sendiri lakukan untuk mengurangi pencemaran udara adalah bijak dalam menggunakan kendaraan jika berjarak dekat lebih baik jalan kaki atau menggunakan sepeda, tidak melakukan membakar sampah dan mengolah asap industri.

Pengendalian pencernaan udara juga dapat dilakukan dengan metode uji emisi kendaraan bermotor yang contohnya pada saat ini telah dikaji oleh pemerintahan DKI jakarta. Hal ini secara observasi dapat menurunkan jumlah gas karbon monoksida yang mengancam sebagian besar wilayah Jakarta.

Metode diatas tentu saja bisa dilakukan oleh pemerintahan kabupaten Tuban dengan suku dinas terkait untuk mengurangi gas emisi karbon monoksida. Tentunya hal ini sangat penting, kepedulian masyarakat akan bisa terlaksana jika ada pendekatan sosial maupun tindakan-tindakan tertentu untuk membangunkan kesadaran masyarakat atas berbagai bahaya akibat gas emisi karbon monoksida yang menanti di masa depan.

Pencemaran udara adalah salah satu masalah hingga sekarang. Sebisa mungkin, mari kurangi polusi udara mulai dari diri kita sendiri, supaya tidak ada dampak yang negatif bagi ekosistem, kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan.

Penulis: Rafifah Wassa'adah Ridho Fisabili, Mahasiswa STIE Muhammadiyah Tuban.