Tiga Kecamatan di Tuban Rasakan Gempa Darat, BMKG: Akibat Sesar Aktif

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Gempa bumi tektonik M3,3 dirasakan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Masyarakat di 3 wilayah kecamatan di Tuban Bumi Wali merasakan getarannya. 

Gempa pada Sabtu, 29 Juni 2024 pukul 04.15.46 WIB dicatat oleh BMKG

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M3,3.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6.94° LS; 111.83° BT tepatnya di darat pada jarak 22 km arah Barat Daya Tuban, JATIM dengan kedalaman 10 Km.

Warga di Kecamatan Kerek terkejut dengan guncangan gempa pagi ini. Winda salah satunya merasakan getaran gempa seperti ada truk lewat. 

"Guncangannya cukup keras. Kata-kaca bergetar seperti ada sound horeg," Timpal Chusnul warga Kerek lainnya kepada blokTuban.com. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif," tutur Kepala Stageof Pasuruan, Rully Oktavia Hermawan dalam siaranrresminya. 

Rully menambahkan, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Kecamatan Montong, Kerek, dan Merakurak II-III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas). 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," jelasnya. 

BMKG menegaskan hingga hari Sabtu, 29 Juni 2024 pukul 05.13 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Selain itu, agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

[Dwi/Ali]