Gempa M5,0 Guncang Jember Terasa hingga Surabaya, Tak Potensi Tsunami

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Sebuah gempa tektonik dengan magnitudo M5,0 mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, tepatnya di Jember, Jawa Timur pada hari Sabtu, 11 Mei 2024, pukul 02.34.37 WIB. 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, menyatakan bahwa gempa ini memiliki parameter update yang signifikan.

Menurut analisis BMKG, episenter gempa terletak di koordinat 9,15° LS ; 112,99° BT, atau sekitar 116 km arah BaratDaya Kota Lumajang, Jawa Timur, pada kedalaman 72 km. 

"Gempa ini merupakan jenis gempa menengah yang disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia, dengan mekanisme pergerakan turun (_normal fault_)," jelasnya dikutip Sabtu (11/5/2024). 

Dampak gempa ini dirasakan di beberapa daerah sekitar Jember. Daerah Jember mengalami intensitas II - III MMI, yang berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Daerah Kepajen, Pacitan, Blitar, dan Surabaya mengalami intensitas II MMI. Namun, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 03.10 WIB, BMKG belum mencatat adanya gempa susulan (_aftershock_)," jelasnya. 

Isu yang tidak bersumber dari BMKG agar tidak dipercaya oleh masyarakat. Selain itu, hindari bangunan yang rawan ambruk dan pastikan keadaan sekeliling aman. 

Informasi resmi terkait gempa hanya bersumber dari BMKG, yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. [Dwi/Ali]