Maarten Paes Pemain Naturalisasi Rekomendasi Shin Tae Yong

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Maarten Paes secara resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Selasa (30/4). 

Pada kesempatan itu selain Maarten Paes, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga bertemu dengan Jens Raven, dan Calvin Verdonk. Erick mengumumkan bahwa Raven dan Verdonk juga akan menjalani proses naturalisasi.

"Saya kembali fokus memperkuat tim nasional setelah tiba dari Doha. Alhamdulillah Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Calvin Verdonk, pemain NEC Nijmegen, dan Jens Raven, pemain FC Dordrecht, juga dalam proses naturalisasi," kata Erick.

Maarten Paes mengungkapkan kebahagiannya menjadi WNI. "Ini adalah momen besar bagi saya. Saya sangat bangga dan tidak sabar untuk memulai bermain bersama timnas Indonesia," ujarnya.

Paes, yang bermain di Liga Amerika Serikat (MLS) bersama FC Dallas, memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur pada 20 Maret 1940.

Dia merupakan pemain naturalisasi rekomendasi Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia. 

Paes diharapkan dapat memperkuat timnas saat melawan Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni) pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jakarta. [Dwi/Ali]