Sunatan Masal Tradisi Tahunan Haul Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis 

blokTuban.com - Dalam rangka peringati Haul Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi, puluhan anak ikuti acara khitan massal, Senin (29/4/2024).

Bertempat di halaman masjid Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi dari puluhan anak yang ikut kegiatan khitan massal. Tak sedikit juga terdengar tangis dari anak-anak karena takut dikhitan.

Kepada wartawan Ketua Yayasan Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi Sukardi, mengatakan jika kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahunnya.

“Ini adalah kegiatan tahunan dalam rangka haul,” ujar Sukardi

Lebih lanjut Sukardi menjelaskan jika, kegiatan ini diikuti kurang lebih 70an anak dari berbagai wilayah di Tuban, bahkan ada juga yang dari luar Tuban.

“Rata-rata dari Tuban, tapi ada juga yang dari luar Tuban,” imbuhnya.

Disinggung mengenai apa ada kriteria khusus untuk mengikuti kegiatan khitanan massal menurut Sukardi tak ada kriteria khusus.

Namun bagi para peserta atau anak yang hendak mengikuti kegiatan khitan massal yang pertama harus ada niat dan yang kedua surat keterangan dari kepala desa. Maka dengan dua syarat tersebut sudah cukup dan akan diterima untuk mengikuti khitan massal.

Selain digratiskan untuk melakukan khitan, para anak-anak ini juga nantinya akan mendapatkan beberapa hadiah dari panitia seperti baju uang saku songkok dan sandal.

“Usai sunat kita kasih uang saku dan baju komplit,” pungkasnya.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS