Harga Selongsong Ketupat Janur dan Daun Lontar di Pasar Tuban

Reporter : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jelang hari raya ketupat, pasar tradisional di Pasar Bongkaran Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, menjadi sorotan karena dipadati sejumlah pedagang kurung ketupat dadakan. 

Para pembeli terus datang silih berganti, memicu kegiatan perdagangan yang ramai, Senin (15/4/2024). 

Permintaan yang melonjak membuat perajin kurung ketupat harus bekerja ekstra keras. Meskipun sulit, mereka terus merangkai daun lontar menjadi kurung ketupat untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Ibu-ibu rumah tangga menjadi dominan di antara pembeli, yang ramai-ramai memburu selongsong ketupat siap pakai. 

Para pedagang menyatakan mampu menjual sekitar 2.000 selongsong per hari dengan harga Rp2.500 per biji atau Rp25.000 per ikat isi sepuluh biji, tergantung ukuran.

Parsitin, seorang pedagang selongsong ketupat, menyatakan, "Ini mulai jualan janur untuk ketupat 3 hari lalu. Sekarang mulai ramai. Banyak pembeli karena mereka tidak mau repot-repot buat ketupat. Sehari laku 2.000 ketupat."

Selain selongsong ketupat, perajin juga menyediakan daun lontar dan janur dengan harga Rp25.000 per ikat isi 20 lembar, memenuhi kebutuhan warga yang lebih suka merangkai selongsong ketupat sendiri.

Tradisi lebaran ketupat di masyarakat biasanya ditandai dengan memasak ketupat dan sayur untuk bersama keluarga serta dibagikan kepada tetangga dekat. [Dwi/Ali]