Kalahkan Vietnam 1-0, Indonesia Naik Peringkat 2, Ketenangan Jay Idzes Dipuji Warganet

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 waktu penuh pada laga 1 kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (21/3/2024) malam. 

Gol semata wayang tercipta di menit ke 52 oleh sepakan Egy Maulana Vikri meneruskan lemparan jauh Pratama Arhan dari tepi lapangan. Lemparan mematikan tersebut tak mampu diantisipasi oleh lini belakang Vietnam hingga berbuah gol. 

Gemuruh suporter Indonesia menggemparkan Stadion GBK. Skor 1-0 tersebut bertahan hingga waktu penuh. Hal ini membuat Indonesia naik peringkatnya di urutan dua di grup F. Urutan 1 ada Irak dengan 6 poin, Indonesia 4 poin, Vietnam 3 poin dan Filipina 1 poin. 

Pelatih Indonesia, Shin Tae-Yong sejak  menit awal menurunkan pemain terbaiknya seperti, Adi (21) (GK), Idzes (4), Hubner (18), Ridho (5), Ivar Jenner (17), Marselino (7), Yakob (2), Nathan (14), Rafael (11), Witan (8), dan Hokky (20). 

Pada babak kedua, STY memasukkan tiga pemain yaitu Sandy Walsh, Pratama Arhan, dan Egy Maulana menggantikan Hokky Caraka, Yakob Sayuri, dan Nathan Tjoe-A-On. 

Pergantian tersebut membuat permainan timnas Indonesia di lini tengah lebih hidup. Bahkan, bek Indonesia Jay Idzes bermain apik dan mendapat pujian dari warganet di aplikasi X. 

"Jay Idzes tenang sangat dingin. Babak kedua tengah lebih dingin dan Pratama Arhan pembeda," tulis @Nova_Z9. 

Selanjutnya @dickydermawan juga mengomentari aksi Jay Idzes. "Bukan hanya tampilannya saja yang rapi, permainanmu juga rapi Jay. Semoga musim depan Venezia bisa promosi ke Serie A," katanya. 

Warganet lain juga memuji Jay. Seperti @yasserzad21 "Saya mau apresiasi sama 3 bek Indonesia terutama Jay Idzes yang baru debut. Dia menunjukkan kalau dia kelas Eropa. Defense yang sangat tenang dan berani megang bola ke lapangan tengah. Memimpin lini pertahanan Indonesia untuk malam ini," tulisnya. 

Setelah kemenangan ini, Indonesia akan menghadapi Vietnam di Laga kedua di Hanoi pada 26 Maret 2024. [Ali/Dwi]