Tuban Tekno 2024 Dorong Inovasi untuk Tingkatkan Daya Saing Daerah

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Tuban membuka acara "Tuban Tekno 2024" di ruang rapat R.H. Ronggolawe Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban

Acara tersebut bertujuan untuk memperkuat daya saing daerah melalui inovasi, sebagai kunci utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kemajuan daerah secara keseluruhan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana menyatakan bahwa dalam era globalisasi saat ini, penguatan daya saing sangat menentukan keunggulan posisional daerah dan sangat diperlukan untuk akselerasi pembangunan ekonomi. 

"Pembentukan daya saing mencakup upaya untuk memperkuat sinergi berbagai sektor pembangunan daerah," ujarnya.

Untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Tuban, dibutuhkan inovasi pada berbagai sektor, baik dari pemerintahan maupun masyarakat dan swasta. 

Inovasi menjadi peluang bagi daerah untuk berkreativitas dan berkarya, melahirkan ide dan gagasan baru untuk meningkatkan kesejahteraan, menurunkan angka kemiskinan, menambah lapangan kerja, serta mendukung peningkatan kinerja pemerintahan daerah.

Kegiatan "Tuban Tekno - Inkubasi Inovasi" merupakan jawaban kuat terhadap tantangan dalam mewujudkan ide-ide inovatif menjadi terapan nyata yang memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan inovator dan mengoptimalkan potensi di Kabupaten Tuban. 

"Acara ini juga menjadi wadah bagi para inovator untuk mengembangkan ide-ide inovatif mereka, terutama yang berpartisipasi dalam gelaran Tuban Berinovasi (Tubernova), " katanya. 

Sekda Budi Wiyana berharap agar peserta Tuban Tekno - Inkubasi Inovasi Tahun 2024 dan tamu undangan lainnya terus berinovasi, tidak hanya berhenti pada event Tubernova dan Tuban Tekno saja. 

"Ini hanyalah pemantik kecil dalam rangka mencapai sebagian kesuksesan, tetaplah berkarya," tutupnya. [Ali/Dwi]