Sub Pin Polio Putaran Kedua Digelar di Tuban, Sasarannya Anak Usia 0-7 Tahun

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, mulai melakukan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Pin) polio putaran kedua. 

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes P2KB Tuban, Ratna Sari mengatakan target Sub Pin Polio di Jawa Timur, ialah anak yang berusia 0-7 tahun. 

"Targetnya Sub Pin Polio di Jawa Timur setiap anak usia 0-7 tahun mendapatkan vaksinasi polio sebanyak 2 kali," ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (22/2/2024). 

Adapun vaksinasi Sub Pin Polio tahap kedua ini, akan berlangsung selama satu pekan. Yaitu mulai 19 Februari sampai 25 Februari 2024 mendatang. 

Menurutnya, anak yang sudah mendapatkan vaksinasi pada putaran satu sebelumnya, juga kembali mendapatkan jatah Sub Pin Polio pada putaran kedua ini. 

Sementara bagi bayi yang baru lahir setelah vaksin putaran 1, maka hanya mendapatkan vaksin polio sebanyak satu kali. 

"Untuk yg lahir setelah vaksin putaran 1, hanya dapat 1 kali vaksin polio di putaran 2," katanya. 

Lebih lanjut, pada putaran kedua vaksin polio ini, Dinkes P2KB Tuban menargetkan capaian yang sama dengan putaran 1. Dimana, pada putaran pertama vaksin polio Dinkes Tuban berhasil mencapai 98.87 persen. [Sav/Ali]