Profil I Putu Gede yang Gantikan Iwan Setiawan di Persibo Bojonegoro

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokTuban.com - Manajemen Persibo Bojonegoro menunjuk Coach Putu Gede untuk menukangi klub berjuluk Laskar Angling Dharma dalam putaran Liga 3 Nasional yang bakal segera digelar.

Dalam melakoni putaran nasional Persibo Bojonegoro mempercayai Coach Putu Gede untuk menukangi klub kebanggaan warga Bojonegoro itu, untuk bertanding di putaran nasional dan bertemu dengan lawan yang cukup berat.

Dikutip dari instagram resmi Persibo Bojonegoro, secara resmi memutus kontrak dengan Coach Iwan Setiawan yang sebelumnya telah menukangi Persibo Bojonegoro pada Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim 2023/2024 hingga menjadi juara pertama dan lolos putaran nasional.

Dikonfirmasi perihal itu, Manajer Tim Persibo Bojonegoro, Henry Arifianto mengungkapkan, terkait pergantian pelatih tentunya untuk tim Persibo Bojonegoro dan telah melalui kesepakatan bersama antara manajemen dengan Coach Iwan.

Pelatih dengan nama lengkap I Putu Gede Suwi Santoso ini telah berlisensi AFC Pro dan telah memiliki segudang pengalaman, dengan menukangi beberapa klub ternama di tanah air. Bahkan Coach Putu juga pernah menukangi Persibo Bojonegoro pada 2016 hingga 2018. 

Henry menambahkan pemilihan Coach Putu ini, untuk meningkatkan performa Persibo Bojonegoro yang sudah baik sebelumnya dan memberikan motivasi lebih untuk pemain dan tidak menutup kemungkinan pemilihan pemain tambahan baru sepenuhnya akan diserahkan ke pelatih baru.

“Kemungkinan pemilihan pemain baru akan diserahkan ke Coach Putu,” ungkapnya.

Dihimpun dari beberapa sumber, I Putu Gede Santoso bukanlah sosok yang asing di dunia sepakbola tanah air. 

Dia mengawali karir di musim 94/95 dengan klub yang kini menjadi misteri. Putu Gede telah mengukir sejarah panjang bersama beberapa tim besar di Indonesia seperti Persebaya Surabaya, Mitra Kukar, Persija Jakarta, dan Arema Malang.

Pria kelahiran Surabaya, 1 Desember 1973 ini, dikenal tidak hanya karena keahliannya menggiring bola, namun juga dedikasinya yang tinggi terhadap sepak bola Indonesia.

Setelah berpindah antara beberapa klub, termasuk Persita dan Persekabpas Pasuruan, ia mengakhiri karir bermainnya di Persipro pada 1 Januari 2013.

Selama karirnya, Putu Gede dikenal sebagai pemain yang memiliki dedikasi tinggi, dan sekarang sebagai pelatih, dia terus memberikan pengaruh besar pada sepakbola nasional.

Dengan kekayaan pengalaman dan lisensi kepelatihan Pro UEFA, Putu Gede kini menjabat sebagai Pelatih Kepala Persibo Bojonegoro, posisi yang diembannya sejak 18 Februari 2024.

Sebagai pelatih, ia dikenal dengan pendekatan taktisnya yang cerdik, sering kali mengandalkan formasi 4-3-3 bertahan yang solid.

Pengalaman kepelatihannya cukup luas, termasuk posisi sebagai Pelatih Kepala di Persikab Bandung dan Asisten Pelatih di Arema FC.

Karir kepelatihannya dimulai di Persibo Bojonegoro sebagai asisten pelatih pada tahun 2013/14, dan sejak itu, ia telah melatih berbagai tim termasuk PSS Sleman, PSG Gresik, dan Aceh United. [riz/mu]