Cara Membuat Silky Puding di Rumah, Cocok Untuk Ide Jualan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Bagi kali para pecinta kuliner, wajib cobain menu jajanan satu ini, yaitu silky puding atau puding sutra. Kelembutan dan kenikmatan rasa makanan satu ini, dijamin membuat lidah kalian tidak akan bisa menolaknya. 

Selain bisa digunakan sebagai ide cemilan praktis di rumah, silky puding ini juga sangat cocok dijadikan sebagai ide bahan untuk berjualan. 

Salah seorang warga yang tinggal di Desa Patihan, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Rifda mengungkapkan untuk membuat silky puding, kalian cukup menyiapkan empat bahan utama saja. 

Seperti halnya nutrijel plain 1 sachet, susu full cream 1 liter, susu kental manis 370 gram, dan juga pop ice sesuai dengan selera masing-masing. 

"Untuk bahan penunjangnya ada tepung maizena 1 SDM, air 300 ml, dan gula 2 SDM," ungkapnya kepada blokTuban.com, Minggu (21/1/2024). 

Setelah seluruh bahan utama dan penunjang siap, langkah yang harus dilakukan ialah menuang nutrijel plain, gula, susu kental manis dan juga susu full cream ke dalam panci kemudian aduk hingga tercampur rata. 

Sesudah itu, barulah panaskan adonan di atas kompor dengan api sedang cenderung kecil sambil adonan diaduk-aduk terus, hingga matang.

"Kalau campuran nutrijel tersebut sudah matang, baru masukkan tepung maizena yang telah dilarutkan ke dalam air 300 ml dan aduk sebentar hingga merata sebelum api dimatikan," jelasnya.

Apabila api telah dimatikan, maka langkah selanjutnya ialah membagi beberapa adonan nutrijel ke dalam wadah. Kemudian di campuri dengan pop ice sesuai dengan selera dan aduk hingga semuanya tercampur rata. 

Jika sudah tercampur dengan rata, maka tuang kembali adonan nutrijel ke dalam wadah dengan bentuk yang diinginkan. 

"Tunggu sampai dingin dan padat, baru silky puding bisa dinikmati atau dijual. Untuk menghasilkan 1 resep, kira-kira habis sekitar Rp38 ribu," tandasnya. [Sav/Ali]