Susul Cabai, Harga Komoditas Bawang di Tuban Merangkak Naik

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Setelah harga komoditas cabai di Kabupaten Tuban mengalami lonjakan yang signifikan, saat ini harga bawang juga menunjukan trend angka kenaikan sejak beberapa waktu belakangan ini. 

Kondisi tersebut, salah satunya terpantau di Pasar Baru Tuban, yang terletak di Jalan Gajahmada, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban

Menurut salah seorang pedagang bahan pokok (Bapok) setempat, Sadam jika harga berbagai jenis Bapok di Kabupaten Tuban selama satu bulan ini tidak stabil. Selain cabai, bapok lain yang  saat ini ikut merangkak naik ialah komoditas bawang. 

baca juga:

Masyarakat Tuban Keluhkan Harga Bahan Pokok yang Kian Melonjak

"Harga bawang merah dan bawang putih sekarang juga ikut naik mbak, kalau bawang ini sekitaran 2-3 mingguan lalu," katanya kepada blokTuban.com, saat ditemui di lapak jualannya, Rabu (6/12/2023). 

Jika harga bawang merah sebelumnya berada di harga Rp20-25 ribu per kilogramnya, kini satu kilogramnya naik menjadi Rp28 ribu. 

Sementara komoditas bawang putih, yang sebelumnya dijual dengan harga Rp27 ribu kini harga melonjak menjadi Rp32 ribu per kilogramnya. 

Selain itu, pria yang tinggal di Kelurahan Gedongombo tersebut menambahkan jika naiknya harga komoditas Bapok di Kabupaten Tuban merupakan imbas dari musim kemarau yang berkepanjangan. 

baca juga:

Tidak Hanya Cabai, Harga Sejumlah Sayur di Tuban Melonjak

"Musim kemarau ya panjang mbak, jadi banyak yang mati tanaman dari petani dan persediaannya sedikit, sehingga berpengaruh ke harga," imbuhnya. 

Dengan demikian, ia berharap untuk ke depannya harga Bapok di Kabupaten Tuban bisa kembali stabil, sehingga tidak menjadi faktor dari keresahan masyarakat yang berkepanjangan. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS