Peristiwa Penting dan Amalan yang Dianjurkan Dikerjakan pada Bulan Rabiul Akhir

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bulan keempat pada kalender Hijriah, Rabiul Akhir yang patut juga diperhatikan oleh umat Islam, sebab memiliki keutamaan dan sejarah penting.

Sejumlah peristiwa penting pada bulan Rabiul Awal ini merupakan bagian periode sejarah Islam di mana para khalifah atau penguasa Muslim memimpin dan berjuang untuk menyebarkan agama Islam, memperluas wilayah Islam, dan menghadapi tantangan politik dan militer. 

Seperti dikutip dari NU Online, peristiwa besar yang terjadi di bulan Rabiul Akhir pada masa silam yakni:

1. Turunnya Surat al-Hasyr (pengusiran).

Turunnya surat tersebut dilatarbelakangi oleh upaya pembunuhan Rasulullah saw yang dilakukan oleh kaum Yahudi bani Nadhir. Merekalah kaum yang pertama dikumpulkan dan diusir dari Madinah.

Sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu ayatnya, Allah SWT berfirman:

هُوَ الَّذِيْٓ اَخْرَجَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ مِنْ دِيَارِهِمْ لِاَوَّلِ الْحَشْرِۗ مَا ظَنَنْتُمْ اَنْ يَّخْرُجُوْا وَظَنُّوْٓا اَنَّهُمْ مَّانِعَتُهُمْ حُصُوْنُهُمْ مِّنَ اللّٰهِ فَاَتٰىهُمُ اللّٰهُ مِنْ حَيْثُ لَمْ يَحْتَسِبُوْا وَقَذَفَ فِيْ قُلُوْبِهِمُ الرُّعْبَ يُخْرِبُوْنَ بُيُوْتَهُمْ بِاَيْدِيْهِمْ وَاَيْدِى الْمُؤْمِنِيْنَۙ فَاعْتَبِرُوْا يٰٓاُولِى الْاَبْصَارِ

Artinya: Dialah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara Ahli Kitab dari kampung halamannya pada saat pengusiran yang pertama. Kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan mereka pun yakin, benteng-benteng mereka akan dapat mempertahankan mereka dari (siksaan) Allah; maka Allah mendatangkan (siksaan) kepada mereka dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Dan Allah menanamkan rasa takut ke dalam hati mereka; sehingga memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangannya sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, wahai orang-orang yang mempunyai pandangan!

2. Pengutusan Khalid ibn al-Walid

Peristiwa kedua yaitu pengutusan Khalid ibn al-Walid oleh Rasulullah SAW kepada Bani al-Harits ibn Ka'b pada Rabiul Akhir 10 Hijriah. Dikutip dari laman Lembaga Amil Pesantren Tebuireng Jombang, Khalid diutus dalam misi penaklukan Bani Harits.

3. Peristiwa perang al-Ghabah yang dipimpin langsung oleh Rasulullah saw pada tahun keenam Hijriah.

4. Perang al-Ghamr yang dipimpin oleh ‘Ukasyah ibn Mihshan. 

5. Pengiriman pasukan ekspedisi yang dipimpin oleh Muhammad ibn Maslamah ke wilayah Dzul Qashshah.

 

Amalan-Amalan Bulan Rabiul Akhir 

Berikut ini amalan bulan Rabiul Akhir yang disadur dari laman tebuireng.co berdasarkan buku Program bimbingan dan Konseling Pendekatan Qur’ani oleh Setiawan & Ahmad (2022) ada beberapa amalan yang bisa dilakukan.

1. Memperbanyak sedekah. Menurut sejarah, Rabiul Akhir merupakan bulan di mana umat Islam memperoleh kemenangan atas beberapa perang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah sedekah amal jariyah fakir miskin, anak yatim, dan orang yang berhak lainnya sebagai bentuk rasa syukur.

2. memperbanyak salat berjamaah. Salat berjamaah dapat menjadi salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas salat seseorang. Dengan melaksanakan salat berjamaah di bulan Rabiul Akhir, maka akan ada banyak keutamaan yang bisa diperoleh, seperti terhindar dari siksa api neraka, meningkatkan keimanan, dan terhindar dari sifat munafik.

3. amalan bulan Rabiul Akhir selanjutnya yaitu membaca Al-Qur’an. Turunnya Surat al-Hasyr (pengusiran) terjadi pada Rabiul Akhir. Turunnya surat tersebut dilatarbelakangi oleh upaya pembunuhan Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam yang dilakukan oleh kaum Yahudi bani Nadhir.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS