Waspada Resiko Pemakaian Kipas Angin yang Diarahkan Langsung ke Tubuh

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Harusnya tidur dengan kipas angin yang menghadap langsung ke tubuh tidak menjadi masalah, selama Anda merasa nyaman dan suhu ruangan tidak terlalu dingin.

Namun terdapat beberapa kasus yang membahayakan jika tidur dengan mengarahkan kipas angin ke tubuh, terutama wajah, adalah membuat tubuh kekurangan oksigen. Sebab angin yang dihasilkan dari kipas angin bukanlah oksigen, melainkan karbon dioksida.

Menurut laman Klikdokter, menggunakan kipas akngin saat hendak tidur sebaiknya dilakukan di ruangan berventilasi sehingga memungkinkan pertukaran udara dan masuknya oksigen.

Namun, ada beberapa alasan mengapa beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman atau kedinginan ketika tidur terkena kipas angin secara langsung.

Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman atau sensitif ketika kipas angin mengarahkan udara langsung ke tubuh, terutama jika sirkulasi udara terlalu kuat atau terlalu dekat. Ini bisa menyebabkan rasa kedinginan dan membuat tidur Anda tidak nyaman.

Ketidaknyamanan saat tidur dengan kipas angin dapat membuat hidung dan tenggorokan kamu mengering. Kondisi ini dapat memicu produksi mukus (lendir) berlebih, sinusitis, nyeri kepala, dan hidung mampet.

Selain itu ada potensi tekanan udara dingin dari kipas angin dapat menimbulkan nyeri otot atau bahkan Bell’s palsy, yaitu penyakit yang melumpuhkan sistem saraf wajah. Kamu berisiko mengembangkan penyakit ini ketika tidur dengan kipas angin semalaman.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba beberapa cara, seperti:

1. Pastikan suhu ruangan sesuai dengan preferensi tidur Anda. Jika terlalu dingin, Anda bisa menaikkan suhu ruangan atau menyesuaikan arah kipas angin agar tidak langsung mengenai tubuh Anda.

2. Beberapa kipas angin modern memiliki opsi denyut atau pengaturan kecepatan yang dapat membantu menciptakan sirkulasi udara yang nyaman tanpa mengarahkan udara dingin secara langsung ke tubuh.

3. Jika Anda merasa kedinginan, Anda bisa menutupi diri Anda dengan selimut tambahan atau mengenakan pakaian tidur yang lebih tebal.

4. Cobalah mengarahkan kipas angin ke arah yang tidak langsung mengenai tubuh Anda, misalnya ke atas agar udara tidak mengenai tubuh Anda secara langsung.

Penting untuk mengutamakan kenyamanan tidur Anda. Jika tidur dengan kipas angin langsung mengarah ke tubuh Anda membuat Anda merasa tidak nyaman atau mengganggu tidur Anda, maka sebaiknya Anda mencari cara untuk mengatasi masalah ini agar Anda dapat tidur dengan nyaman.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS