Suhu Tuban Tembus 37° Celcius, Ternyata Ini Penyebabnya

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Suhu di Kabupaten Tuban saat ini semakin panas. Bahkan pada hari ini suhu di beberapa wilayah Kabupaten Tuban, dalam prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tuban mencapai angka 37 derajat celcius.

Dalam prediksinya Kecamatan di Kabupaten Tuban yang suhunya mencapai 37 derajat celcius adalah Kecamatan Parengan, Senori,  Rengel, dan Soko. Hal ini dipengaruhi karena faktor topografi di wilayah tersebut.

Kepala BMKG Tuban Zem Irianto Padma mengatakan jika kondisi panas yang terjadi di Kabupaten Tuban dipengaruhi karena selama 30 hingga 60 hari hujan belum mengguyur Kabupaten Tuban sama sekali.

"Salah satu penyebab udara terasa lebih panas sebab, tidak ada hujan yang terjadi selama 30 hingga 60 hari ini," ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (22/10/2023).

Kondisi yang cerah seperti saat ini, juga menambah suhu panas di Tuban. Sebab saat ini tidak ada tutupan awan di langit. Hal ini menjadikan radiasi matahari yang jatuh ke bumi, bisa langsung ke permukaan bumi gerah. Sehingga, ketika siang hari wilayah Kabupaten Tuban akan terasa lebih panas dan gerah.

Disinggung apakah dengan tidak adanya hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Tuban hingga saat ini, dimungkinkan menimbulkan cuaca yang lebih panas lagi, menurutnya hal tersebut dapat dimungkinkan. Sebab di bulan Oktober ini matahari berada di posisi tepat di atas wilayah Pulau Jawa.

"Iya ditambah lagi posisi matahari saat ini berada di atas wilayah Pulau Jawa," imbuhnya.

Hal ini mengakibatkan radiasi yang jatuh ke permukaan bumi sangat intens ditambah lagi seperti hal di atas, bahwa tutupan awan yang  fungsinya sebagai penghalang radiasi saat ini sangat minim sekali.

Himbauan Beraktivitas Outdoor Yang Aman Menurut BMKG

Dengan adanya kondisi cuaca yang sangat panas seperti saat ini BMKG Kabupaten Tuban juga menghimbau bagi masyarakat yang hendak berkaitan di luar rumah seperti

1. Apabila keluar rumah atau melakukan aktifitas di luar ruangan, agar menggunakan tabir pelindung surya supaya dapat melindungi diri dari panasnya radiasi matahari.

2. Jangan lupa selalu mengkonsumsi air minum yg cukup supaya terhindar dari dehidrasi.

3  Tetap jaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan bergizi serta vitamin agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Selain itu, agar masyarakat mendapatkan informasi, terkait perkembangan cuaca, dan suhu diharapkan masyarakat terus memantau dan mengikuti informasi cuaca dan peringatan yang dikeluarkan oleh BMKG Kabupaten Tuban, baik melalui media sosial maupun website resmi BMKG Tuban. [Nur/Ali]